JKA: WNI Masih Belum Boleh Melakukan Ibadah Umroh

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 28 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.182 228 27.470 644
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

JKA: WNI Masih Belum Boleh Melakukan Ibadah Umroh

Selasa, 23 Februari 2021 | 07:00 WIB Last Updated 2021-02-23T18:58:58Z
Jhon Kennedy Aziz.

MJNews.id - Indonesia, salah satu dari 20 negara yang dilarang pemerintah Arab Saudi untuk melakukan ibadah umroh. Kuat kemungkinan, larangan tersebut karena pemaparan kasus Covid-19 yang selalu naik.


"Kita sekitar satu bulan yang lalu menerima surat dari Kementrian Haji Pemerintah Arab Saudi tentang pelarangan melakukan ibadah umroh terhadap 20 negara, termasuk Indonesia," ujar Anggota DPR-RI Jhon Kennedy Aziz, Senin (22/2/2021) di Pariaman.


Untuk itu, Jhon Kennedy Aziz berharap agar kasus Covid-19 ini cepat berlalu supaya niat umat untuk beribadah di tanah suci, Mekah bisa terwujud. 


Terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 ini, belum didapat informasi warga Indonesia akan melaksanakan. Namun demikian, pemerintah dan DPR RI berupaya agar Calon Jemaah Haji (CJH) Indonesia di tahun 2021 ini bisa diberangkatkan. 


Untuk itu, Komisi VIII DPR RI akan membentuk Panja BPIH. "Saya masuk dalam anggota Panja BPIH itu," terangnya. 


Disebutkannya, ada tiga kemungkinan yang akan ditempuh. Pertama, dengan memberangkatkan semua CJH berdasarkan kuota. Kedua, bisa mengurangi jumlah yang diberangkatkan dan ketiga, bisa tidak diberangkatkan sama sekali seperti tahun lalu. "Kalau tahun ini, CJH Indonesia tidak bisa melaksanakan ibadah haji, maka akan menambah jumlah daftar tunggu," tuturnya.

 

Selanjutnya, kata Jhon Kennedy Aziz, apabila berpedoman pada physical distancing, bisa juga berdampak terhadap kenaikan biaya haji. 


Contohnya, kalau di pesawat dilakukan jaga jarak tempat duduk. Satu deret itu ada empat kursi, diisi untuk dua orang, sedangkan biaya yang dibutuhkan pesawat sama dengan kondisi penuh, maka ini juga jadi pertimbangan.


(rls)

×
Berita Terbaru Update