Alumni Universitas Muhammadiyah Sumbar Sediakan Beasiswa untuk Sekolah Ulama

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 13 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
33.227 349 31.051 722
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Alumni Universitas Muhammadiyah Sumbar Sediakan Beasiswa untuk Sekolah Ulama

Selasa, 09 Maret 2021 | 09:45 WIB Last Updated 2021-03-09T20:02:27Z
Rektorat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

 

MJNews.id - Ikatan Alumni Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (IA-UM Sumbar), menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang berminat mengikuti program khusus, bernama Sekolah Kader Muhammadiyah Ma’had Haroel El-Ma’any.


Beasiswa itu, menurut Sekretaris IA-UM Sumbar Syamsurizal, meliputi uang pendaftaran, uang SPP, dan yang hunian. Program itu, sebutnya, fokus pada pembinaan khusus dalam upaya menghasilkan SDM kualamaan, kemuhammadiyahan, dan kemasyarakatan dengan ciri sebagai kader Muhammadiyah bertipikal ulama sekaligus ilmuwan.


"Pengelolaan program ini diamanahkan oleh rektor kepada Lembaga Pengkajian Al-Islam Ke[1]Muhammadiyah-an (LPIM) UM Sumbar. LPIM adalah salah satu lembaga di UM Sumbar yang bertugas melakukan pembinaan Al Islam Kemuhammadiyahan dosenk Karyawan, dan mahasiswa," jelasnya.


Disebutkan, program kaderisasi yang dikenal dengan PASKAMU ini, merupakan salah satu jalur yang ditempuh oleh LPIM untuk pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan Mahasiswa (AIK Mahasiswa), sekaligus pengabdian kepada Persyarikatan Muhammadiyah.


LPIM atas pertimbangan Rektor, jelasnya, memilih nama untuk program ini Ma’had Haroen El Ma’any adalah dilatarbelakangi oleh ketokohan Haroen El Ma’any. Beliau adalah tokoh Muhammadiyah Sumatera Barat berbasis di Perguruan Muhammadiyah Kauman Padang Panjang.


"Pemilihan nama ini sudah mendapat persetujuan Badan Pembina Harian (BPH) UM Sumbar melalui surat resmi. BPH sebagai pembina utama program Al Islam Kemuhammadiyahan di UM Sumbar selalu memberikan motivasi, arahan dan bimbingan kepada LPIM sebagai pengelola program ini," ujarnya.


Menurut Syamsurizal, Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra, M.A bersama pengurus LPIM Dr. Ahmad Lahmi (ketua) Syamsurizal (sekretaris), dan Hendri Novigator (anggota) di bawah koordinasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat, telah melakukan pertemuan konsolidasi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Sumatera Barat.


UM Sumbar memandang, katanya, peranan PDM dalam program ini sangat vital. UM Sumbar, selain berkoordinasi dengan pimpinan persyarikatan juga meminta peranan aktif alumni UM Sumbar yang tergabung dalam wadah organisasi Ikatan Alumni UM Sumbar.


(mus)


loading...



×
Berita Terbaru Update