Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 9 Mei 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
39.166 506 35.581 855
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Tiap Ramadhan Dishub Padang Panjang Berbagi Berkah dengan Bagikan Takjil

Rabu, 21 April 2021 | 10:00 WIB Last Updated 2021-04-21T04:16:40Z

MJNews.id - Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tiap masuknya Bulan Suci Ramadan, Dinas Perhubungan Kota Padang Panjang selalu berbagi dengan masyarakat Kota Padang Panjang, khususnya para pengendara kendaraan roda empat, maupun kendaraan roda dua yang melintas di jalan raya dalam Kota Padang Panjang, jelang masuknya waktu berbuka puasa.


Di keramaian, jalan jelang masuknya waktu berbuka, nampak beberapa orang pegawai Dinas Perhubungan bersama Kadisnya, begitu antusias dan semangat membagi-bagikan sedikit rezeki berupa takjil untuk masyarakat untuk sekedar membatalkan puasa jelang sampai di rumah, bagi yang terjebak di jalanan. Sebungkus takjil cukup lah untuk berbuka dan membatalkan puasa, setelah seharian menahannya.


Kepala Dishub, I Putu Venda yang ditemui MJNews di ruang kerjanya, Rabu 21 April 2021 mengatakan, kegiatan ini bersumber dari sumbangan personil Dishub yang terkumpul senilai Rp 3,5 juta. Hasil sumbangan lalu dibelikan 200 takjil untuk dibagikan setiap harinya di berbagai lokasi yang lokasinya berganti-ganti tiap hari. 


“Kegiatan berlangsung selama tujuh hari dalam bulan puasa ini. Sangat bersyukurnya kita, setiap Jumat, ada yang menyumbang 200 takjil secara rutin. Ini sudah kita laksanakan sejak 2016 lalu, kecuali di 2020 karena uturan PSBB Covid-19," ujar Sang Kadis.


"Insyaa Allah, jika tidak ada aral melintang, minggu ketiga puasa pihak kita akan mengadakan kegiatan berbagi sembako bagi warga tak mampu. Gerakan, bagi bagi sembako ini, sudah menjadi tradisi di Perhubungan, untuk sedikit berbagi kepada saudara saudara kita yang kurang mampu. Mumpung, hari baik bulan baik. Hanya, ini baru yang dapat kita sumbangkan untuk meringankan sedikit beban saudara kita yang kurang mampu," terangnya.


Dikatakan Venda, apa yang dilakukan pihaknya ini tak lebih dari mengharapkan pahala berlipat ganda di bulan puasa. Karena apa pun amalannya, akan dinilai berlipat ganda oleh Allah SWT. 


“Selama Ramadhan ada lima program unggulan yang diadakan Dishub. Di antaranya wirid pagi, berbagi takjil, berbagi sembako, buka bersama dan mengumpulkan infak untuk Masjid Babussalam,” urainya. 


Inilah hikmah dari puasa yang sesungguhnya, dapat berbagi sesama dan meringankan sedikit beban saudara kita yang berkekurangan. Artinya, setahun waktu kita habiskan untuk urusan dunia dan kesibukan bekerja. Kenapa waktu sebulan, di bulan penuh ampunan dan rahmat ini, tidak kita manfaatkan untuk hal hal yang baik dan bermuara pada pahala dari Tuhan," tutur Kadis.


Lebih jauh jauh, Iputu Venda mengatakan, dalam puasa ini pihaknya, tidak hanya melakukan aksi sosial untuk kalangan masyarakat. Namun, untuk tingkat internal kita juga berbagi kasih dan perhatian lebih kepada seluruh personil Dinas Perhubungan. Artinya, dalam menghadapi puasa dan lebaran waktu jam kerja personil melebihi dari hari-hari biasa.


Bentuk kepedulian dan tali kasih, pihaknya tidak akan lupa sedikit berbagi dengan para personilnya, jelang puasa dan lebaran nanti. Tanpa, personil yang ulet dan tekun kita tidak ada apa apanya.


"Untuk itu, jalinan kerja sama yang utuh dan perhatian yang tulus, ini menjadi kunci kesuksesan Dinas Perhubungan dalam mengemban tugas masing-masing. Perhatian dan saling keterbukaan menjadi jaminan akan sebuah kesuksesan," pungkas Iputu Venda.


(mutia)


loading...



×
Berita Terbaru Update