BKMT Padang Panjang Bahas Teknis Pendirian Koperasi Syariah
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 3 Agustus 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
73.727 13.899 58.286 1.542
sumber: corona.sumbarprov.go.id

BKMT Padang Panjang Bahas Teknis Pendirian Koperasi Syariah

Senin, 05 Juli 2021 | 03:00 WIB Last Updated 2021-07-04T20:00:00Z

BKMT Padang Panjang Bahas Teknis Pendirian Koperasi Syariah. (kominfo)

PADANG PANJANG, MJNews.ID - Guna penguatan pembentukan Koperasi Badan Koordinasi Majelis Taklim (BKMT), dilakukan pertemuan di Aula STAI Imam Bonjol Padang Panjang, Minggu 4 Juli 2021.

Pertemuan dipimpin Ketua BKMT Kota Padang Panjang, Drs. Aziz Chan Bahar, M.Pd yang juga ketua STAI Imam Bonjol. Hadir dari Pemko, Bagian Perekonomian dan SDA Setdako, Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Perdagkop UKM, dan perwakilan pengurus BKMT masing-masing masjid di Kota Padang Panjang.

Aziz Chan menyampaikan, gagasan membentuk koperasi BKMT tercetus dari pertemuan-pertemuan rutin seluruh anggota BKMT dan didukung penceramah-penceramah yang memberikan tausiah saat wirid-wirid BKMT.

"Gagasan membentuk BKMT ini juga sudah disampaikan kepada Wali Kota, Fadly Amran. Dan Beliau mendukung penuh. Oleh karena itulah BKMT berupaya untuk segera menindaklanjutinya," katanya.

Sementara itu, Kabag Perekonomian dan SDA, Putra Dewangga, SS, M.Si menyampaikan, pengembangan koperasi syariah sudah menjadi arah dan kebijakan prioritas Kota Padang Panjang Tahun 2018-2023. Menjadi salah satu kebijakan kota yang paling banyak mendapatkan dukungan dari masyarakat. 

"Pemerintah Kota akan melakukan segala daya upaya untuk mendorongnya terbentuknya koperasi syariah di Padang Panjang. Seperti fasilitasi pendidikan, pelatihan, pendampingan dan lain-lain," sebutnya.

Sementara Kabid Koperasi UMKM Disperdakop UKM, Riny Lisdayani, S.Sos menyampaikan teknis pendirian koperasi syariah ini. Sebagai langkah pertama, perlu kesamaan pemahaman para pendiri korperasi dan bidang usaha apa yang akan diselenggarakan.

Perwakilan BKMT masjid-masjid yang hadir dalam acara tersebut, sangat antusias menanggapi rencana pendirian koperasi syariah BKMT ini. Dari tanggapan peserta pertemuan, sebagian besar mendukung jenis koperasi konsumen. Di mana salah satu bidang usaha yang akan dilaksanakan adalah simpan pinjam, dis amping usaha lain untuk pemenuhan kebutuhan anggota. 

Namun demikian, para perwakilan ini berharap agar dapat dilakukan sosialisasi perlunya koperasi syariah pada seluruh anggota BKMT masjid-masjid yang ada. 

Untuk itu, hal ini akan ditindaklanjuti pada pertemuan bulanan BKMT bulan depan dengan meminta Ketua MUI Kota Padang Panjang, Zulhamdi, Lc, MA memberikan pencerahan pada seluruh anggota BKMT. Sehingga terdapat pemahaman yang sama dari seluruh anggota BKMT untuk kelancaran pembentukan koperasi syariah ini.

(ndi)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update