Mutasi di Tanah Datar, Camat Salimpaung dan Sungai Tarab Diserahterimakan
×

Adsense

Adsense Mobile

Mutasi di Tanah Datar, Camat Salimpaung dan Sungai Tarab Diserahterimakan

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10:00 WIB Last Updated 2021-10-06T09:25:19Z

loading...
Sertijab Camat Salimpaung
Sertijab Camat Salimpaung. (humas)

TANAH DATAR, MJNews.ID - Mutasi dan promosi adalah suatu keharusan yang dilakukan dalam suatu jabatan, tidak terkecuali pada jabatan pemerintahan untuk mewujudkan suatu tata laksana pemerintahan yang baik dalam suatu penyelenggaraan manajemen pembangunan yang solid dan bertanggung jawab yang sejalan dengan prinsip demokrasi.

Hal ini juga berlaku untuk Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, yang beberapa waktu lalu Bupati telah melakukan rotasi jabatan dengan melantik pejabat eselon III dan IV. 

Salah satu jabatan yang dirotasi adalah jabatan Camat Salimpaung, yang semula dijabat Abramis Yuzi digantikan Heru Rachman yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Batipuh Selatan. Sementara pejabat lama dipindah tugasnya sebagai Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Tanah Datar. 

Dengan digantikannya Camat Salimpaung, maka pada Selasa 5 Oktober 2021, bertempat di gedung serbaguna setempat dilaksanakan serah terima jabatan yang disaksikan Bupati Eka Putra. 

"Camat merupakan perpanjangan tangan dari pimpinan daerah. Saya selaku kepala daerah berkewajiban menitipkan camat kepada seluruh masyarakat kecamatan Salimpaung sebagai perwakilan saya di sini," ujar Eka Putra yang dikutip dari siaran pers Bagian Humas.

Selanjutnya, kepada camat yang baru juga diharapkan untuk segera melakukan koordinasi dengan seluruh perangkat kecamatan, baik dengan Forkopimca maupun dengan instansi di tingkat kecamatan, termasuk dengan seluruh perangkat nagari. Selain itu, camat yang baru juga diminta untuk segera melakukan pelayanan maksimal kepada masyarakat. 

"Bina terus hubungan baik, dan tingkatkan silahturahmi secara berkelanjutan dengan masyarakat, guna menampung informasi, aspirasi, permasalahan dan masukan lainnya serta mencarikan solusi terbaik atas setiap permasalahan yang ada," pesan Eka Putra. 

Bupati Eka putra juga sampaikan, khusus kecamatan Salimpaung dengan potensi luar biasa yang dimiliki, mulai dari potensi pertanian maupun pariwisata. Dalam rangka melestarikan budaya serta untuk mengekspos potensi daerah, maka di masing-masing nagari diharuskan memiliki satu event unggulan (satu nagari satu event). 

Ketua LKAAM Salimpaung  H. K Dt. Rajo Nan Kayo menyampaikan ucapan terima kasih kepada camat yang lama atas pengabdian dan berbagai kegiatan pembangunan yang telah dilakukan di Kecamatan Salimpaung. 

"Kepada camat yang baru, yang notabene pernah menjabat sebagai Sekcam disini, dan sebagai urang sumando Salimpaung, tentu beliau sudah sangat memahami karakter masyarakat disini secara umum. Dari itu, tertumpang harapan kami kecamatan Salimpaung kedepan akan lebih baik dibawah kepemimpinan pak camat," harap H. K Dt. Rajo Nan Kayo. 

Kepada camat yang lama, H. K Dt. Rajo Nan Kayo juga mendoakan agar selalu diberikan kesehatan sehingga amanah dalam mengemban tugas di tempat yang baru. 

Sebelumnya, Abramis Yuzi sebagai camat yang lama kepada unsur forkopimca, perangkat nagari, tokoh masyarakat, staf kecamatan serta seluruh masyarakat Salimpaung menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan, kerjasama dan komunikasi yang lancar selama ini. 

Dia juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama menjadi camat di Salimpaung tidak bisa memenuhi semua tuntutan dan kebutuhan masyarakat. 

"Terimakasih atas bimbingan dan dukungan seluruh masyarakat Salimpaung selama ini kepada kami, dan bila dibutuhkan kami selalu siap untuk membantu camat yang baru dalam menjalankan tugas pemerintahan," ujarnya. 

Heru Rachman selaku camat yang baru didampingi istri, berharap kepada seluruh komponen masyarakat Salimpaung untuk melanjutkan dukungan kepadanya seperti halnya dukungan yang telah diberikan kepada camat yang lama dalam rangka melaksanakan pembangunan di Salimpaung. 

“Kami tidak akan mampu mengemban beban berat yang diamanahkan ini tanpa adanya dukungan penuh dari seluruh masyarakat, dan dalam menjalankan amanah ini kami juga meminta saran dan kritik untuk kebaikan kecamatan Salimpaung ke depan," harapnya.

Sertijab Camat Sungai Tarab

Sertijab Camat Sungai Tarab
Sertijab Camat Sungai Tarab. (humas)

Walau terkesan sederhana, namun kegiatan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Camat Sungai Tarab dari Afrizal kepada Arianto, Selasa 5 Oktober 2021, di aula kantor Camat setempat berjalan haru dan penuh keakraban. 

Pejabat lama Afrizal akrab disapa ayah yang dirotasi menempati posisi barunya sebagai Camat Lintau Buo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kebersamaan semua elemen masyarakat selama menjadi Camat Sungai Tarab.

“Terima kasih atas dukungan dan kebersamaan selama dua tahun ini, maaf karena dalam masa itu belum ada prestasi yang bisa ditorehkan untuk Kecamatan Sungai Tarab,” ujar Ayah.

Disebutkan Ayah, ada sebuah agenda besar yang dirancang untuk dilaksanakan namun harus terundur pelaksanaannya. “Bersama masyarakat di Kecamatan Sungai Tarab kita telah rancang untuk laksanakan gelaran even kebudayaan yang bernama Semarak Pesona Marapi Sungai Tarab, namun karena pandemi Covid-19 terpaksa tertunda, namun tentunya ke depan diharapkan bisa terlaksana,” harapnya. 

Namun terlepas itu semua, tambah Afrizal Ayah, beberapa agenda dan program inovasi lainnya bisa terlaksana dengan baik yang tentunya bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. 

“Kita telah bentuk Forum Koordinasi Penanggulangan Bencana Kecamatan yang merupakan satu-satunya di Kabupaten Tanah Datar. Kemudian juga ada program Sutera Berkah yang telah dilaunching Bupati Tanah Datar dan saat ini keberadaannya telah dirasakan manfaat oleh masyarakat,” tukas Ayah. 

Di kesempatan selanjutnya Camat Sungai Tarab baru Arianto yang sebelumnya menjabat Camat Batipuh berharap masyarakat juga memberikan dukungan sebagaimana memberikan dukungan kepada Ayah.

“Sudah banyak yang sudah diperbuat Ayah di Sungai Tarab ini, karena itu tanpa dukungan yang sama atau bahkan lebih dari masyarakat, sulit rasanya bisa berbuat seperti apa yang beliau lakukan,” ujar Arianto.

Sementara itu salah seorang tokoh masyarakat IIs Zamora Putra menyampaikan, selama kepemimpinan ayah bukannya tidak ada prestasi. “Kami sangat merasakan bagaimana kedekatan ayah dengan Wali Nagari dan masyarakat, bahkan dengan tertib administrasi yang beliau terapkan kami sangat berterimakasih,” katanya. 

Bahkan, tambah Iis, Ayah dinilai sukses membangun obyek wisata air terjun Duo bidadari dan juga sudah menyepakati dengan wali Nagari Padang Laweh untuk mengembangkan air terjun Sarasah Payo, dan banyak lagi potensi wisata yang beliau survei untuk dikembangkan. 

“Insya Allah, demi kemajuan kita semua, atas nama masyarakat saya sampaikan kepada pejabat baru kita akan memberikan dukungan sebagaimana yang telah kami berikan kepada Camat sebelumnya,” kata Iis. 

Di kesempatan itu juga, Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Ermon Revlin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pejabat lama atas pengabdiannya dan selamat kepada pejabat baru atas amanah yang diberikan.

“Camat selaku perpanjangan tangan Pimpinan Daerah diharapkan segera menyesuaikan diri, merangkul seluruh elemen yang ada di Kecamatan untuk menunjang pelaksanaan tugas di wilayah kerjanya,” ujar Ermon.

Kemudian juga, tambah Ermon, Camat yang baru diharapkan juga bisa mengembangkan dan memanfaatkan potensi yang ada untuk membantu pencapaian program dan kegiatan yang muaranya menciptakan masyarakat Tanah Datar yang lebih sejahtera. 

(hms/ben)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update