Proyek Pengaspalan Jalan Padang Elok – Air Gantang Sawahlunto Dipastikan Tetap Berjalan Hingga Selesai

Pengaspalan Jalan di Kubang Utara Sikabu
Proyek Pengaspalan Jalan di Kubang Utara Sikabu melalui DAK Dipastikan Tetap Berjalan Hingga Selesai.

SAWAHLUNTO, Mjnews.id – Guna meluruskan berbagai informasi serta isu yang berkembang di tengah masyarakat Kota Sawahlunto tentang keterlambatan proyek pengaspalan jalan dan bangunan pelengkap di Padang Elok – Air Gantang, Kubang Utara Sikabu, Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta, SH bersama Wakil Walikota (Wawako) Zohirin Sayuti, SE dan Sekretaris Daerah (Sekda) Dr dr Ambun Kadri MKM serta Asisten II (Adm dan Pembangunan), Marwan pada Senin (6/12/2021) sore mengunjungi langsung proses dari rencana proyek pengaspalan jalan di wilayah Kubang Utara Sikabu, Kecamatan Lembah Segar.
“Hari ini kami langsung datang ke lokasi dengan formasi lengkap, termasuk Kadis PUPR agar informasi yang beredar di tengah masyarakat tidak menjadi bias. Seperti misalnya, ada yang mengatakan proyek ini gagal atau proyek ini bermasalah karena uangnya sudah habis atau tidak ada. Kami pastikan, proyek ini tetap berjalan dan unit pengaspalannya pada Selasa (7/12/2021) sudah sampai di lokasi,” ungkap Wako Deri Asta kepada para awak media, sembari menyatakan agar informasi ini hendaknya, dapat disebar-luaskan. 
Sementara itu, menurut Dinas PUPR Sawahlunto, pihaknya sudah tiga (3) kali melayangkan surat teguran, terkait dengan lambatnya proses pengerjaan oleh kontraktor. Bahkan terakhir, pemko sudah melakukan upaya duduk bersama termasuk dengan pihak Kejaksaan guna untuk meminta pendampingan kepada Aparat Penegak Hukum. 
Kita ketahui bahwa, proyek pengaspalan jalan ini, merupakan murni usulah dari pemko Sawahlunto kepada pemerintah pusat dan telah disetujui melalui DAK (Dana Alokasi Khusus). Artinya, pembiayaan untuk pengaspalan jalan ini tidak termasuk ke dalam pembahasan APBD bersama dengan DPRD Sawahlunto. 
Sementara itu, Wawako Zohirin Sayuti menambahkan bahwa sebenarnya justru pihak Pemko yang akan merugi dan repot kalau pengaspalan jalan Padang Elok – Air Gantang ini batal. Sebab, dana yang sudah ada dan tersedia di Kas Daerah, akan kembali ke pusat dan proyeknya harus diselesaikan melalui dana APBD Sawahlunto serta untuk ini, nama Kota Sawahlunto taruhannya.
Oleh sebab itu, apapun alasannya proyek ini harus diselesaikan. Sementara itu, untuk perusahaan yang mengerjakannya, tentunya akan diberlakukan regulasi (keterlambatan-denda) yang ada, sesuai dengan aturan yang berlaku. 
Pengaspalan jalan senilai Rp 1,5 miliar lebih ini, setelah melalui berbagai kajian oleh Pemko Sawahlunto untuk kepentingan masyarakat banyak, memang sudah dianggap perlu, sehingga Pemko mengusulkannya ke pemerintah pusat dan diakomodir oleh pemerintah pusat melalui DAK 2021.
(Fidel)