Risnawanto Lantik Pengurus PMI Kecamatan di Pasaman Barat
×

Adsense

Adsense Mobile

Risnawanto Lantik Pengurus PMI Kecamatan di Pasaman Barat

Kamis, 30 Desember 2021 | 04:00 WIB Last Updated 2021-12-30T09:20:46Z



Risnawanto Lantik Pengurus PMI Kecamatan di Pasbar
Risnawanto Lantik Pengurus PMI Kecamatan di Pasbar.

Pasaman Barat, Mjnews.id - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto melantik pengurus PMI kecamatan masa bakti 2021-2026, Selasa (28/12/2021) di Pantai Muaro Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie. Pelantikan tersebut disaksikan Ketua oleh PMI Sumatera Barat Aristo Munandar.

Selain pelantikan pengurus PMI kecamatan, juga dilakukan pelantikan pengurus Korp Sukarela STAI Yaptip masa bakti 2021-2022. Digelar juga kegiatan pembekalan untuk pengurus PMI kecamatan dari PMI Sumbar dan disudahi dengan aksi bersih pantai.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Anggota DPRD Sumbar Samsul Bahri anggota DPRD Pasbar Andriwilza, dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Ketua PMI Sumbar Aristo Munandar mengatakan setelah dilantiknya pengurus PMI kabupaten dan kecamatan diharapkan dapat terus meningkatkan sinergitas dan kolaborasi demi kepentingan kemanusiaan.

"Sinergitas itu penting untuk menjalankan aksi kemanusiaan, apalagi di PMI hanya pengabdian kemanusiaan. Tanpa mencari keuntungan atau gaji bagi pengurus PMI tersebut. Pengurus provinsi, kabupaten tanpa dukungan dari pengurus kecamatan kinerja PMI tidak akan maksimal," kata Aristo Munandar.

"Ini murni tempat kita mencari amal, menyentuh sisi kemanusiaan di tengah-tengah materialistis manusia,".

Ia melanjutkan, sisi kemanusiaan yang paling utama dari PMI adalah donor darah. Kebutuhan darah meningkat sementara pendonor tidak menunjukkan peningkatan. Padahal, donor darah ini sangat penting artinya melanjutkan perjuangan manusia. Seperti yang terjadi kecelakaan darah namun tidak tersedia maka susah untuk ditolong.

"Diharapkan dengan dibentuknya pengurus PMI kecamatan ini, donor darah akan ditingkatkan. Jika saat ini kita hanya bisa memenuhi 50 persen dari kebutuhan darah di Pasbar ini, bisa dipenuhi 100 persen dengan peningkatan donor," katanya.

Selain itu, pengurus PMI juga diminta untuk mengajak masyarakat agar sadar arti penting donor darah. Menganggap orang lain sebagai keluarga itu sendiri merupakan kunci utama. Ketika ada orang lain yang membutuhkan darah ternyata tidak tersedia, maka ada di dalam tubuh PMI.

"Ayo, tingkatkan peran serta kita di donor darah ini," katanya.

Sementara itu, Ketua PMI Pasbar Risnawanto mengatakan dengan dilantiknya pengurus PMI kecamatan diharapkan menambahkan semangat baru di tahun 2022 mendatang. Di tahun 2021 ini PMI Pasbar sudah banyak berperan serta untuk kesehatan dan kemanusiaan.

"Di tahun 2021 ini kita ikut serta mensukseskan vaksinasi, pencegahan Covid-19. membantu pemulihan korban bencana alam di Talamau, membantu korban banjir di Ranah Batahan. Banyak aksi kemanusiaan yang telah kita lakukan," ujar Risnawanto.

Diharapkan pengurus PMI Kabupaten Pasbar maupun pengurus PMI kecamatan untuk meningkatkan SDM demi terwujudnya aksi kemanusiaan yang maksimal, dan juga PMI memiliki pengetahuan untuk mengatasi bencana bencana.

"Di sini kita mencari Ridha Allah, mencari amal dengan bantuan. Dengan bergabung dengan saudara semua di sini, mari kita sama-sama bangun PMI demi masyarakat Pasbar," ujar Risnawanto.

(wyu)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update