Pemkab Tanah Datar Kerja Sama Pengembangan Destinasi Wisata dengan STP Bandung
×

Adsense

Adsense Mobile

Pemkab Tanah Datar Kerja Sama Pengembangan Destinasi Wisata dengan STP Bandung

Kamis, 13 Januari 2022 | 06:00 WIB Last Updated 2022-01-13T04:59:19Z



Kerja Sama Pengembangan Destinasi Wisata
Pemkab Tanah Datar Kerja Sama Pengembangan Destinasi Wisata dengan STP Bandung.

BANDUNG, Mjnews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar tandatangani Nota Kesepakatan Kerja Sama terkait dengan Percepatan Pengembangan Destinasi Wisata dengan pihak Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. Nota kerja sama ini ditandatangani langsung oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra bersama Plt. Ketua STP Bandung Andar Danova L Goeltom, Rabu 12 Januari 2022, di Aula Convention Hall Gedung Mandala Wangi Lantai 2 STP Bandung. 

Adapun tujuan dilaksanakannya kesepakatan ini dalam rangka pengembangan sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif, dan percepatan pengembangan destinasi wisata Kabupaten Tanah Datar, dengan ruqng lingkup penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di bidang kepariwisataan dalam rangka peningkatan kemampuan sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Tanah Datar. 

Selain itu juga pelaksanaan penelitian, pemberdayaan dan pengabdian masyarakat di bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif untuk mengembangkan sektor kepariwisataan yang meliputi sosial, ekonomi, budaya, lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya lokal. 

Didalam nota kesepakatan tersebut juga dituangkan tugas dan tanggungjawab masing-masing pihak. Kabupaten Tanah Datar sebagai pihak pertama mempunyai tugas dan tanggungjawab diantaranya memfasilitasi STP Bandung dalam melakukan seleksi calon mahasiswa, mengoordinasikan lokasi/tempat bagi STP Bandung dalam rangka penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif, serta mensosialisasikan dan mempromosikan pelaksanaan program pendidikan pihak STP Bandung.

Sementara STP Bandung sebagai pihak kedua mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menerima calon mahasiswa hasil seleksi untuk mengikuti pendidikan, melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada bidang kepariwisataan di wilayah Kabupaten Tanah Datar. 

Tidak sampai disitu, pihak STP Bandung juga harus menyediakan data dan informasi yang diperlukan oleh Pemda Tanah Datar dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan dalam nota kesepakatan ini kecuali data yang bersifat rahasia, mendukung program kerja Pemda Tanah Datar dalam pengembangan dan peningkatan pariwisata, serta melaksanakan bimbingan teknis, kursus singkat, dan/atau diklat bidang kepariwisataan bagi Pemda Tanah Datar. 

Bupati Tanah Datar Eka Putra, dalam sambutannya dikesempatan itu mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Plt. Ketua STP Bandung beserta seluruh jajarannya yang telah menerima dengan baik kedatangannya bersama rombongan. 

"Atas nama pemerintah Kabupaten Tanah Datar Saya sangat berterimakasih dan apresiasi kepada STP Bandung yang telah berkenan melakukan kerjasama dalam pengembangan kepariwisataan di Tanah Datar," ujar Eka Putra. 

Disampaikan Bupati Eka Putra, bahwa pemerintah Kabupaten Tanah Datar bangga dengan adanya kerjasama ini, terlebih lagi kepercayaan yang diberikan oleh pihak STP Bandung. 

"Dengan adanya kesepakatan kerjasama ini merupakan bukti keseriusan kami untuk mengembangkan sektor kepariwisataan di Tanah Datar. Ini juga merupakan langkah dalam pencapaian program unggulan satu nagari satu event, yang akan memicu aktifnya kembali sanggar-sanggar kesenian tradisional yang ada di tiap-tiap nagari di Tanah Datar, sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan," ungkap Bupati Eka. 

Dijelaskan Bupati Eka, Kabupaten Tanah Datar memiliki potensi wisata yang jumlahnya lebih 190 objek wisata. Yang meliputi wisata alam, sejarah, budaya, atraksi tradisional, kuliner juga wisata dengan minat khusus.

"Ke depan kami memiliki mimpi untuk mengembangkan dua objek wisata yang sangat bagus, yakni Aur Serumpun dengan view danau Singkarak yang sangat indah dan objek wisata Tanjung Mutiara yang terdapat di pinggir danau Singkarak. Kedua objek ini rencananya akan dihubungkan oleh kereta gantung dan masing-masingnya punya stasiun penumpang," terang Bupati Eka. 

Sementara Plt. Ketua STP Bandung Andar Danova L Goeltom dikesempatan yang sama menyampaikan bahwa kedatangan Bupati Tanah Datar bersama seluruh rombongan ke tanah Parahyangan ini merupakan sebuah kehormatan bagi pihak STP Bandung dalam menyambutnya. 

Andar Danova L Goeltom juga ungkapkan pihaknya sangat menyambut baik kerjasama strategis dengan kabupaten Tanah Datar. 

Diterangkan Andar Danova L Goeltom bahwa STP Bandung adalah satu Institusi Pendidikan dibawah Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang tugas-nya adalah penyelenggaran pendidikan Vokasi dan Akademik di bidang Kepariwisataaan (Tourism), Perjalanan (Travel) dan Hospitalitas (Hospitality) serta fungsi utama kepada TriDharma Perguruan Tinggi dan penjaminan mutu pendidikan dan administrasi akademik. 

"Tentunya dengan kerjasama ini diharapkan mampu menjawab pengembangan Pariwisata Nasional, khususnya tantangan kedepan pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata baik di kabupaten Tanah Datar maupun di STP Bandung dalam menjawab tuntutan dan perubahan zaman yang sangat dinamis dan penuh ketidakpastian," kata Andar Danova L Goeltom. 

Selanjutnya Andar Danova L Goeltom juga harapkan kerjasama strategis Kabupaten Tanah Datar dan STP Bandung mampu menjawab tantangan lainnya yaitu pengembangan pariwisata di wilayah Tanah Datar melalui penelitian terapan dan pengabdian masyarakat, baik yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa serta capacity building pengembangan kompetensi serta keahlian melalui pelatihan, bimtek, diklat pada bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

(prokopim)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update