Ribuan Orang Ikuti Lomba Mancing di Pantai Ketawang
×

Adsense

Adsense Mobile

Ribuan Orang Ikuti Lomba Mancing di Pantai Ketawang

Minggu, 27 Maret 2022 | 13:00 WIB Last Updated 2022-03-27T06:46:16Z


loading...

Lomba Mancing di Pantai Ketawang
Ribuan Orang Ikuti Lomba Mancing di Pantai Ketawang. (f/m. taufik)

PURWOREJO, MJNews.id - Sekitar 2.000 orang pemancing mania ikut ambil bagian dalam kegiatan lomba mancing bersama di sepanjang bibir pantai Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Minggu 27 Maret 2022.

Tidak hanya diikuti pemancing lokal Purworejo saja, para peserta lomba juga datang dari Cilacap, Kebumen, Magelang, Wonosobo, Semarang, Yogyakarta bahkan ada yang datang dari Trenggalek Jawa Timur.

Ketua Komunitas Mancing Purworejo Indepanden (KOMPI) Sumbogo,yang juga menjadi Panitia mengatakan,kegiatan kali ini digelar dalam rangka hari jadi Desa Ketawang juga sebagai ajang promosi wisata Pantai yang ada di Purworejo dengan mengusung Tema "BERSIH PANTAIKU,LESTARI ALAMKU".

"Lomba dimulai pada pukul 07.00 hingga 11.00 WIB. Panitia menyediakan tropi dan uang pembinaan jutaan rupiah serta ratusan doorprize untuk memeriahkan acara," tambahnya.

Muhamad Ashuri (Beken) mengatakan bahwa maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini yakni untuk menjalin silaturahmi sesama penghobi mancing sekaligus akan menjadi even tahunan, kecuali even lomba layang-layang yang juga diselenggarakan setiap tahunnya, sekaligus mengenalkan potensi wisata pantai Ketawang Kabupaten Purworejo.

Para pemenang berhak membawa pulang sebuah joran, tropi dan uang pembinaan. "Hadiah diberikan berdasarkan berat ikan yang didapat peserta lomba," imbuhnya.

Kecuali hadiah panitia juga akan mengundi door prize untuk peserta lomba yang disediakan panitia berupa sebuah sepeda motor matic dan juga barang elektronik lainnya.

Sejumlah peserta terlihat semangat dan bergembira sambil berjoget bersama yang diiringi hiburan orgen tunggal usai lomba mancing di Pantai Ketawangrejo.

Kegiatan lomba mancing bersama juga dihadiri oleh Supriyanto Kepala Desa Ketawangrejo, Kapten Inf Budi Afriyanto Danramil Grabag, Wakapolsek Grabag IPTU Sugiyanto, Tokoh Purworejo Sumharjono (Gentong) dan sejumlah tokoh Pemuda dan masyarakat setempat.

Salah satu peserta, Eko (40), warga Bayan yang datang bersama istri dan anaknya mengungkapkan, sebagai pemancing pasiran, ia sangat senang bisa ikut kegiatan mancing bareng kali ini. Kegiatan tersebut juga untuk menjalin kembali silaturahmi antar anggota yang selama ini belum bisa berkumpul akibat dari adanya pandemi virus corona.

“Acaranya sangat menarik dan pas sebagai ajang silaturahmi bagi para pecinta mancing pasiran,” ungkapnya.

Pemancing lain, Bagiyo (38), warga Wonosobo menambahkan, memancing di laut selain sebagai hobi, juga sangat pas dilakukan di masa pandemi Covid-19, karena uap air laut konon katanya sangat baik untuk terapi kesehatan.

Bagiyo mengaku ikut kegiatan ini bersama keluarganya untuk sekalian berlibur di pantai. Udaranya segar dan bagus untuk pernafasan sekaligus berjemur. "Jika beruntung ikan yang didapat juga besar-besar di pantai selatan Purworejo,” ucapnya.

Peserta berharap, even serupa bisa rutin digelar sebagai ajang silaturahmi para peghobi mancing pasiran. Jarak antar peserta mancing mungkin juga perlu diatur supaya lebih mudah, meskipun sesama pemancing sudah menjadi hal biasa ketika senar satu dengan yang lainnya bersangkutan.

"Intinya senang sih bisa ketemu banyak teman, pemancing dari luar daerah juga banyak yang datang. Pokoknya ngulur senur tambah sedulur," ungkapnya.

Kapten Inf Budi Afriyanto mengingatkan kepada para peserta untuk berhati-hati dan jangan lengah dengan ombak pantai yang cukup besar, jangan sampai terjadi kecelakaan laut seperti yang terjadi beberapa hari lalu di pantai Dewa Ruci Ngombol.

"Prokes harus dipatuhi mengingat pandemi belum usai juga," pesannya.

(Fix)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update