Sidang Paripurna DPD RI ke-2 Tetapkan Anggota Alkel dan Pilih Pimpinan MPR RI
×

Adsense

Adsense Mobile

Sidang Paripurna DPD RI ke-2 Tetapkan Anggota Alkel dan Pilih Pimpinan MPR RI

Jumat, 19 Agustus 2022 | 07.00 WIB Last Updated 2022-08-19T07:38:27Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Sidang Paripurna DPD RI ke-2
Sidang Paripurna DPD RI ke-2. (f/dpd)

Jakarta, Mjnews.id - DPD RI gelar Sidang Paripurna ke-2 Masa Sidang I Tahun Sidang 2022-2023 pada Kamis (18/8/2022) di Ruang Nusantara V, Senayan, Jakarta.

Agenda sidang yakni laporan pelaksanaan tugas Badan Kehormatan, pengesahan atas evaluasi dan penyempurnaan peraturan DPD RI tentang kode etik DPD RI. Lalu penetapan keanggotaan alat kelengkapan (kecuali Panitia Musyawarah), dan penyampaian mosi tidak percaya terhadap Pimpinan MPR dari unsur DPD.

Sidang paripurna itu digelar secara fisik, dipimpin oleh Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, didampingi  Wakil Ketua Nono Sampono, Mahyudin dan Sultan B Najamudin. 

"Berdasarkan Tata Tertib DPD RI No. 1 Tahun 2022, setiap anggota berhak untuk menjadi anggota pada alat kelengkapan secara bergilir dengan pembagian periode tahun sidang," jelas LaNyalla.

Selanjutnya ditetapkan anggota alat kelengkapan meliputi Komite I, II, III dan Komite IV. Kemudian PPUU, PURT, BK, BKSP, BAP dan BULD. Sidang paripurna juga menetapkan anggota Kelompok DPD di MPR.

Sidang paripurna dilanjutkan dengan pembacaan mosi tidak percaya terhadap Fadel Muhammad, Pimpinan MPR unsur DPD RI. "Saya akan membacakan mosi tidak percaya dari 97 Anggota DPD RI terhadap kinerja Pimpinan MPR unsur DPD yang isinya menarik dukungan terhadap Fadel Muhammad sebagai Pimpinan MPR unsur DPD RI dan meminta kepada Pimpinan DPD RI untuk mengusulkan Wakil Ketua MPR unsur DPD," jelas LaNyalla.

Kesepakatan dari sub wilayah didapati  empat calon Pimpinan MPR unsur DPD RI. Abdullah Puteh (Senator Dapil Aceh),  Bustami Zainuddin (Senator Dapil Lampung), Tamsil Linrung (Senator Dapil Sulawesi Selatan) dan Yorrys Raweyai (Senator Dapil Papua).

Berdasarkan hasil voting, diperoleh suara terbanyak Tamsil Linrung 39 suara dan ditetapkan menjadi calon Pimpinan MPR unsur DPD.

"Agar hasil pemilihan Pimpinan MPR usur DPD ini dapat segera ditindaklanjuti dengan menerbitkan keputusan pemberhentian Pimpinan sebelumnya dan  keputusan calon terpilih yang disampaikan ke MPR RI," jelas Nono Sampono yang memimpin Sidang lanjutan.

Setelah ditetapkan keanggotaan alat kelengkapan dan pemilihan Pimpinan MPR unsur DPD sidang selanjutnya akan memilih pimpinan alat kelengkapan dan penetapan pimpinan kelompok DPD RI di MPR RI pada Senin (22/8/2022), dan hasilnya akan ditetapkan dalam Sidang Paripurna ke-3 DPD RI Tahun Sidang 2022-2023.

(BE/eds)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update