Nagari Padang Laweh Adakan Festival Makan Bajamba Menuju Wisata Halal

Festival makan bajamba
Nagari Padang Laweh Adakan Festival Makan Bajamba Menuju Wisata Halal. (f/amc)

Sungai Pua, Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat, melalui Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar. Syaifullah hadiri festival makan bajamba menuju wisata halal di Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, Minggu (23/10/2022).

Hadir Bupati Agam diwakili Kadis Parpora Agam Syatria, Ketua TP-PKK Kabupaten Agam Ny Yenni Andri Warman, Wakil Ketua TP-PKK Ny Titik Irwan Fikri, Anggota DPRD Provinsi Sumbar Nofrizal, Anggota DPRD Kabupaten, Feri Adrianto dan Aderia. Camat Sungai Pua, Walinagari, Wali Jorong, niniak mamak, dan tokoh masyarakat Sungai Pua.

Makan bajamba mulai dengan maarak jamba yang dilepas langsung oleh Bupati Agam, dengan iringan rombongan arak-arakan mencapai ratusan orang yang terdiri berbagai lapisan masyarakat di Kecamatan Sungai Pua. Sebelum makan bajamba diselingi dengan pidato adat.

Saat itu, Bupati Agam mengatakan, ini merupakan momen yang sangat penting untuk melestarikan budaya terkhususnya makan bajamba.

“Kegiatan seperti ini jarang diketahui oleh masyarakat khususnya anak muda nagari dapat menyaksikan, dan mengetahui bagaimana budaya makan bajamba dilaksanakan,” katany.

Ia menyebutkan makan bajamba di Nagari Padang Laweh memiliki ciri khas tersendiri yaitu dengan makan nasi lamak dan pinyaram, yang dimana budaya itu sudah lama hilang di Nagari Padang Laweh.

Baca Juga  Wagub Sumbar Hadiri Prosesi Makan Bajamba HJK Sawahlunto ke-134

“Nantinya anak muda dapat mempelajarinya mengenai makan bajamba dan mereka bisa melestarikan budaya tersebut kepada anak cucu kita,” tukuknya.