Mendagri Apresiasi Kebersihan Kota Tidore Kepulauan
×

Adsense

Adsense Mobile

Mendagri Apresiasi Kebersihan Kota Tidore Kepulauan

Jumat, 25 November 2022 | 21.30 WIB Last Updated 2022-11-25T14:30:00Z

Advertisement

Advertisement

Muhammad Tito Karnavian di Kota Tidore Kepulauan
Mendagri Muhammad Tito Karnavian di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. (f/kemendagri)

Tidore Kepulauan, Mjnews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi kebersihan Kota Tidore Kepulauan. Apresiasi itu disampaikan Mendagri saat memberi arahan setelah menyaksikan gladi bersih acara puncak Sail Tidore 2022 di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, Jumat (25/11/2022).

Kebersihan itu memberi kesan yang baik kepada Mendagri saat tiba di Kota Tidore Kepulauan.

“Saya yakin bersihnya bukan karena (ada) Sail Tidore, tapi karena memang budaya masyarakat, terima kasih banyak, mudah-mudahan bisa dipertahankan,” ujar Mendagri.

Kebersihan itu, kata Mendagri, dapat menjadi contoh sekaligus tempat belajar bagi pemerintah daerah (Pemda) lainnya dalam menjaga lingkungan. Dirinya akan menyampaikan kepada kepala daerah betapa bersihnya Kota Tidore Kepulauan. “Atau nanti akan ngomong kepada temen-temen pada rapat kepala daerah nanti, itu sampah di mana-mana, coba datanglah, studi bandinglah ke Kota Tidore sana yang bersih itu,” kata Mendagri.

Mendagri menjelaskan, Sail Tidore 2022 merupakan ajang promosi bagi Kota Tidore Kepulauan ke banyak pihak. Pasalnya, kegiatan tersebut bakal dihadiri oleh pemerintah daerah (Pemda), pemerintah pusat, hingga perwakilan negara asing. Adapun acara puncak Sail Tidore bakal berlangsung pada Sabtu, 26 November 2022.

Dirinya mengimbau, agar para petugas dapat menyiapkan kegiatan tersebut secara matang. Sejumlah aspek perlu diperhatikan agar Sail Tidore 2022 dapat berjalan sesuai harapan. Mendagri membeberkan sejumlah aspek yang perlu diperhatikan dan diwaspadai oleh penyelenggara. Hal itu meliputi penjemputan peserta yang menyangkut kesiapan di bandar udara. Selain itu, juga menyangkut penginapan yang memadai, arus lalu lintas transportasi menuju tempat acara, dan aspek penting lainnya.

Sejumlah aspek tersebut penting diperhatikan karena akan memberikan kesan para peserta ataupun pihak yang hadir terhadap Kota Tidore Kepulauan. “Promosi terbaik bukanlah dari media. Promosi terbaik adalah dari mulut ke mulut,” terang Mendagri.

Terkait transportasi ke tempat acara, Mendagri meminta bantuan kepada aparat keamanan dan otoritas pelabuhan untuk mewajibkan jasa penyeberangan laut membawa pelampung untuk para penumpangnya. Bila cuaca buruk, dirinya meminta agar penumpang diwajibkan mengenakan pelampung. Jangan sampai, aspek keselamatan itu diremehkan oleh para petugas.

(Puspen Kemendagri)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update