PT Bukit Asam Tbk Serahkan Dana Rp 580 Juta untuk 9 Mitra Binaan

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 25 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
28.919 220 27.229 643
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

PT Bukit Asam Tbk Serahkan Dana Rp 580 Juta untuk 9 Mitra Binaan

Selasa, 23 Februari 2021 | 09:00 WIB Last Updated 2021-02-23T02:00:02Z
Usai menyerahkan dana kemitraan, Walikota Sawahlunto, Deri Asta dan General Manajer PT Bukit Asam Pertambangan Ombilin Yulfaizon, foto bersama dengan para mitra binaan. (ist)

MJNews.id - Sebanyak Rp580 juta dana disediakan PT Bukit Asam Tbk untuk 9 mitra binaan baru. Dana disediakan itu diserahkan pada mitra binaan di Rumah Kreatif (RKB) BUMN Sawahlunto, Senin (22/2/2021).


Mereka bergerak dalam usaha, bengkel, homestay, fotocopy, ponsel, karangan bunga dan ternak ayam. 


General Manajer (GM) PT Bukit Asam Tbk Pertambangan Ombilin, Yulfaizon mengatakan, dana kemitraan ini adalah penyaluran tahap pertama di 2021 untuk 9 mitra binaan. 


"Pelaku usaha yang memperoleh dana kemitraan ini jumlah berkisar Rp20 juta hingga Rp100 juta. Polanya bergulir, dalam bentuk pinjaman lunak. Sebagai administrasi, hanya memungut 3 persen per tahun. Diharapkan dana kemitraan ini dapat membangkitkan perekonomian kota ini," ujar Yulfaizon. 


Walikota Sawahlunto, Deri Asta yang hadir menyaksikan penyerahan dana kemitraan itu mengingatkan, adanya dana mitra binaan ini akan menambah berputar uang di kota. Selain itu akan mampu menghidupkan usaha yang ada. 


"Biaya administrasi 3 persen setahun dengan besarnya jumlah bantuan yang diberikan, sudah pasti PT Bukit Asam tidak mengambil keuntungan dari sini. Artinya, pola kemitraan yang dilakukan PT Bukit Asam, konsepnya mendidik," tutur Deri.


Sebelumnya, PT BA menyediakan Rp510 juta dana kemitraan untuk modal usaha dan modal kerja bagi 10 mitra binaan di Sawahlunto dan Agam pada 10 Desember 2020


"Modal usaha dan modal kerja yang diberikan pada mitra binaan ini sudah melalui proses," kata General Manajer PT Bukit Asam Pertambangan Ombilin (PTBA-PO), Yulfaizon.


Dikatakannya, mitra binaan yang peroleh bantuan ini juga ada untuk kedua kali. Setiap mitra binaan yang memperoleh modal usaha usaha atau modal kerja dievaluasi perkembangan dan perjalanan usahanya.


Dikatakannya, mitra binaan yang peroleh bantuan ini juga ada untuk kedua kali. Setiap mitra binaan yang memperoleh modal usaha usaha atau modal kerja dievaluasi perkembangan dan perjalanan usahanya. 


Lebih jauh dikemukakan GM PTBA-PO, cendrung akhir-akhir ini muncul orang muda yang mau berusaha mandiri di sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan industri lainnya. Potensi ini yang terus didukung BUMN dan pemerintah daerah di kota ini.


(rfd)

×
Berita Terbaru Update