Warga Hanya Bisa Ikuti Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Secara Virtual

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 25 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
28.919 220 27.229 643
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Warga Hanya Bisa Ikuti Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Secara Virtual

Rabu, 24 Februari 2021 | 11:00 WIB Last Updated 2021-02-24T04:00:08Z
Plh. Walikota Solok, Syaiful Rustam saat pimpin Rakor dengan OPD.


MJNews.id - Berbeda dengan periode sebelumnya, pelantikan walikota dan wakil walikota periode 2021-2024 hanya bisa diikuti secara virtual oleh masyarakat. Hal itu mengingat kondisi pandemi Covid-19.


Sesuai dengan jadwal yang dirilis, pelantikan kepala dan wakil kepala daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Sumatra Barat direncanakan bakal dilangsungkan pada Jumat (26/2/2021).


Pelaksana Harian (Plh) Walikota Solok, Syaiful Rustam dalam rapat koordinasi persiapan pelantikan, Selasa (23/2) mengatakan, pihaknya masih menunggu teknis pasti terkait jadwal dan proses pelantikan.


Semula, katanya, sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri pelantikan dilaksanakan secara virtual dengan pejabat yang dilantik berada di daerah masing-masing dengan jumlah undangan dibatasi maksimal 25 orang. Namun, terjadi perubahan rencana mekanisme pelantikan yakni khusus Walikota dan Wakil Walikota terpilih beserta istri langsung hadir di Padang. Sedangkan Forkopimda, masyarakat dan undangan lainnya tetap secara virtual di daerah masing-masing.


"Agenda pelantikannya direncanakan tanggal 26 Februari 2021, kita masih menunggu teknis pasti soal mekanisme pelantikan yang akan dilakukan," ungkap Syaiful Rustam di sela-sela Rakor di Kantor Bappeda Kota Solok.


Kendati belum ada kepastian, pihaknya juga mempersiapkan berbagai opsi atau rencana teknis yang disesuaikan nantinya dengan teknis pelantikan yang bakal dilakukan.


"Kita tetap siapkan segala kemungkinan alternatif mana yang akan dilaksanakan, sehingga proses rangkaian acara pelantikan secara keseluruhan dapat berjalan dengan lancar dengan tidak melanggar aturan prokes di masa pandemi ini," ungkap Syaiful.


Seperti diketahui, Walikota dan Wakil Walikota Solok terpilih, Zul Elfian-Ramadhani Kirana Putra yang diusung PKS, PAN dan Nasdem itu berhasil meraih suara terbanyak dalam Pilkada 2020 lalu.


(yas)

×
Berita Terbaru Update