Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 24 Februari 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
28.837 214 27.119 642
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

YLKI Tuntut ASDP Selalu Inovatif Tingkatkan Layanan Merak - Bakauheni

Senin, 22 Februari 2021 | 07:00 WIB Last Updated 2021-02-22T00:00:11Z
Pengguna jasa penyeberangan di Pelabuhan Merak cukup melihatkan smartphone kepada petugas loket telah membayar tiket online Ferizy, bisa langsung masuk menuju dermaga tempat sandar kapal ferry. (ist)

MJNews.id - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menuntut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk selalu berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan penyeberangan dan pelabuhan yang terintegrasi dan tujuan wisata waterfront.


Hal ini mengemuka dalam Focus Group Discussion ASDP dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) yang mengangkat topik 'Peningkatan Pelayanan Penyeberangan Merak - Bakauheni' di Pelabuhan Merak, akhir pekan lalu. 


"ASDP mengemban misi besar menuju perusahaan berkelas dunia yang fokus pada kebutuhan konsumen. Inovasi tidak boleh berhenti karena pengguna jasa selalu memiliki ekspektasi terhadap layanan yang dinamis. Apalagi, saat ini di era digitalisasi yang menuntut kemudahan, kepraktisan, kecepatan dan keterjangkauan," ujar Tulus.


Tulus menilai ASDP sebagai operator penyeberangan terbesar di Indonesia, harus mampu memenuhi standar pelayanan yang mengacu pada empat aspek yaitu product knowledge, infrastruktur, human resources, dan business process. Menurutnya, digitalisasi ekonomi saat ini berdampak sangat luas termasuk pada konektivitas transportasi darat, dimana keberadaan jalan tol Trans Sumatera dan Trans Jawa akan semakin memicu pergerakan transportasi masyarakat, sehingga revitalisasi pelayanan di pelabuhan penyeberangan sangat mendesak dilakukan.


YLKI mendukung penerapan layanan tiket online Ferizy yang saat ini telah berjalan di empat pelabuhan utama, dimana hal ini menjadi bukti ASDP terus meningkatkan kualitas layanan dari yang sebelumnya penjualan karcis fisik, kini sudah semakin mudah, cepat dan dapat diakses dimanapun hanya dengan menggunakan smartphone.


Menurutnya, pengguna jasa tidak perlu lagi antri di Pelabuhan saat beli tiket, atau berinteraksi dengan petugas loket. Apalagi, di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang kita belum tahu kapan akan berakhir, suatu keniscayan terjadinya perubahan gaya konsumsi masyarakat saat ini yang ingin praktis, cepat dan mudah menggunakan aplikasi secara online.


YLKI juga mengapresiasi atas situasi dan lingkungan pelabuhan Merak dan Bakauheni, yang rapi, tertata, dan bersih. Tidak terlihat sampah, dan kondisi perairan di sekitar pelabuhan juga tidak ada sampah.


"YLKI mengimbau operator kapal, penumpang, dan seluruh masyarakat yang berkunjung ke pelabuhan untuk selalu menjaga kebersihan. Seperti tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak merokok secara sembarangan. Bahkan, seharusnya tidak merokok di dalam kapal karena kapal dan pelabuhan adalah area kawasan tanpa rokok," ucap Tulus.


Dalam kesempatan ini, YLKI juga mengapresiasi dermaga dan terminal eksekutif Merak dan Bakauheni yang sangat dibutuhkan mewadahi keinginan dan standar pelayanan lebih pada konsumen. "Dermaga dan terminal eksekutif merupakan terobosan cerdas dan inovatif, khususnya dalam memenuhi kebutuhan konsumen penyeberangan," ujarnya.


Tulus berharap jika ASDP akan segera merampungkan pembangunan dermaga dan terminal eksekutif jilid II, yang ditargetkan bisa dipakai pada mudik Nataru 2021. "Tentu ini hal yang sangat positif untuk mengakomodir keinginan operator ferry swasta yang ingin memanfaatkan dermaga dan terminal eksekutif tersebut," pungkasnya.


(*/eds)

×
Berita Terbaru Update