Sandang PTNBH, Universitas Andalas Akan Perkuat Riset
×

Adsense

Adsense

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 25 September 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
89.110 1.501 85.502 2.107
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Sandang PTNBH, Universitas Andalas Akan Perkuat Riset

Sabtu, 11 September 2021 | 11:00 WIB Last Updated 2021-09-11T04:00:00Z

konferensi pers Lustrum dan Launching Unand menjadi PTNBH
Rektor Unand, Prof. Yuliandri menyampaikan keterangannya pada konferensi pers Lustrum dan Launching Unand menjadi PTNBH, Jumat 10 September 2021, di Gedung Rektorat Unand. (ist)

PADANG, MJNews.ID - Universitas Andalas (Unand) per tanggal 31 Agustus 2021, resmi menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Dua fokus civitas Unand dengan sistem baru ini, menjadikan Unand sebagai universitas riset, dan masuk ke dalam jajaran universitas kelas dunia.

Hal itu disampaikan Rektor Unand, Prof. Yuliandri saat konferensi pers Lustrum dan Launching Unand menjadi PTN BH, Jumat 10 September 2021, di Gedung Rektorat Unand.

Yuliandri mengatakan, telah berubahnya status Unand dari PTNBLU (Badan Layanan Umum menjadi PTNBH merupakan pencapaian yang digerakkan tiga rektor Unand.

“Estafet tiga rektor Unand,” kata Yuliandri mengistilahkan proses hingga berubahnya status Unand.
Dia mengatakan, proses perubahan status tata kelola perguruan tinggi ini dimulai ketika kepemimpinan rektor Prof. Werry Darta Taifur pada 2015, kemudian ketika Prof. Tafdil Husni melanjutkan pada 2016, proses penyiapan dokumen dimulai, sesuai mandat yang telah didapat pada tahun sebelumnya.

“2016, ketika Tafdil Husni menjabat sebagai Rektor Unand, mandat ditindaklanjuti, dengan menyiapkan dokumen. Ada tiga PT yang mendapat mandat dari menteri waktu itu, Universitas Sriwijaya, UNS (Universitas Negeri Solo (UNS) dan Unand,” kata Yuliandri.

Setelah itu proses berjalan, hingga kemudian pada 23 November segala macam persyaratan dan dokumen diserahkan ke pusat. Kemudian pada Juni 2020 dokumen tersebut intensif dibahas oleh pusat, hingga setahun kemudian, Agus tus 2021 Unand pun resmi berganti status berbadan hukum.

“Akhirnya, pada tanggal 31 Agustus 2021 Presiden RI menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2021 Tentang PTN BH Unand, serta diundangan pada tanggal 31 Agustus 2021, melalui Lembaran Negara Tahun 2021 Nomor 203. Salinan Peraturan Pemerintah diterima oleh Rektor Unand Prof. Yuliandri, pada tanggal 3 September 2021. Dengan status Unand sebagai PTNBH, yang memperoleh otonomi baik di bidang akademik, maupun non akademik, termasuk: Kemandirian tata kelola dan pengambilan keputusan yang dimiliki oleh PTN-BH; Pengaturan yang terkait dengan sistem pengelolaan; Sistem penjaminan mutu; serta pengelolaan aset dan keuangan PTN- BH, dan tentu Unand juga siap untuk masuk ke dalam 500 Universitas terbaik di Dunia dengan program World Class University, di samping sebagai Universitas Riset (Research University),” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan telah bergantinya status Unand ini rektor pun akan segera menyiapkan landasannya pada sistem tata kelola Unand. Akan ada sejumlah perubahan, seperti penataan program studi, uang kuliah, ketersediaan tenaga pengajar, dan sistem pengelolaan keuangan, hingga lembaga-lembaga terkait di Unand.

“Kami sudah mulai merangkum sekitar 52 instruktur pendukung berupa peraturan internal, yang kemudian dikerucutkan menjadi 30 peraturan baru untuk mencapai tiga program yang akan berjalan di Unand,” kata Rektor.

Yuliandri juga menambahkan, dengan telah berubah status ini, Unand juga akan merekrut praktisi dari luar negeri untuk mencapai misi sebagai universitas riset.
 
“Jadi, orientasi tidak hanya teori, dengan adanya praktisi, orientasi langsung mendapat perbandingan,” katanya.

Rektor juga mengakui kalau akan ada konsekuensi terkait perubahan status Unand menjadi PTNBH ini. Walau begitu, dengan telah dibahas dengan matang, beberapa hal sudah siap dilakukan, karena PTNBH ini menjadi momen kunci Unand menuju universitas kelas dunia. 

“Insya Allah, pada tanggal 13 September 2021 yang akan datang, bertepatan dengan Peringatan Dies Natalis Unand ke 65 (LUSTRUM XIII) akan dilakukan Peluncuran PTN- BH Unand,” pungkasnya.

(***)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update