Wabup Risnawanto Berharap Target Vaksinasi di Pasbar Dapat Terealisasi
×

Adsense

Adsense Mobile

Wabup Risnawanto Berharap Target Vaksinasi di Pasbar Dapat Terealisasi

Rabu, 27 Oktober 2021 | 00:30 WIB Last Updated 2021-10-27T09:31:15Z



Rakor gebyar vaksin
Rakor gebyar vaksin dalam mensukseskan kegiatan Sumbar Sadar Vaksin, Senin (25/10/2021). (kominfo)

PASBAR, MJNews.id - Wakil Bupati (Wabup) Risnawanto berharap gebyar vaksin di Pasaman Barat (Pasbar) dapat berjalan lancar dan meminta kerjasama semua pihak untuk mencapai target vaksinasi yang sudah ditentukan.

“Sejauh ini, Pemda Pasbar melalui Kapolres, TNI, Dinas Kesehatan, Nakes dan dinas terkait lainnya telah berusaha keras agar vaksinasi massal di Pasbar dapat meningkat,” kata Wabub Risnawanto saat menghadiri rapat koordinasi (rakor) gebyar vaksin dalam mensukseskan kegiatan Sumbar Sadar Vaksin, Senin (25/10/2021) di Aula kantor bupati setempat.

Rapat juga diikuti oleh Sekretaris Daerah Hendra Putra, Para Asisten, Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari beserta stakeholder terkait lainnya.

Wabup Risnawanto mengatakan, berkat kerjasama dan dukungan dari semua pihak, vaksinasi di Pasbar sudah mencapai 20,97%. “Untuk kedepan setiap harinya semoga mengalami peningkatan sehingga target kita dapat terealisasi dengan baik”, ujar Risnawanto.

Risnawanto menjelaskan bahwa tim gebyar vaksin dalam minggu ini akan melakukan pelaksanaan teknis vaksinasi di tiga titik lokasi pertama yang menjadi lokasi gebyar vaksin di Kabupaten Pasaman Barat. Lokasi tersebut yakni di Kecamatan Pasaman 4500, di Kecamatan Lembah Melintang sebanyak 3000 dan di Kecamatan Kinali sebanyak 2000 vaksinasi.

“Selanjutnya akan kita lanjutkan untuk pelaksanaan gebyar vaksin di 8 kecamatan lainnya,” sebutnya.

Wabup juga meminta, agar pihak yang terlibat untuk memperbaiki sistim yang kurang baik dari pelaksanaan gebyar vaksinasi. Target vaksinasi yang cukup tinggi membutuhkan kerjasama dan kerja keras dari semua pihak.

“Respon masyarakat sudah cukup bagus. Gerai pelayanan ini jangan terbatas, Nakes perlu kita maksimalkan dan kendala lain harus kita tuntaskan. Untuk Pelaksanaannya agar tidak antri, masyarakat harus mengisi formulir terlebih dahulu sehingga masyarakat tidak harus pulang. Meskipun datang keesokan harinya, masyarakat tidak perlu antri kembali,” tegas Risnawanto.

Hal serupa juga disampaikan Sekretaris Daerah Hendra Putra, Sumatera Barat mencanangkan gebyar vaksin sebanyak 100 ribu orang.

“Bagaimana menyamakan persepsi agar gebyar semangat vaksin di Pasbar secara massal dapat terealisasi dengan baik. Tiga titik lokasi pertama kita nanti yakni Kecamatan Pasaman, Kecamatan Lembah Melintang dan Kecamatan Kinali, untuk yin agar dapat dikoordinasikan oleh semua pihak,” ungkap Hendra Putra.

Di samping itu, Kepala Dinas Kesehatan Jon Hardi menyampaikan laporan tim vaksinator yang bertugas dalam gebyar vaksinasi. Sebanyak 22 tim di kantor bupati, 15 tim di Kecamatan Lembh Melintang dan 10 tim disediakan di Kecamatan Kinali. 12 ribu stok vaksin akan disalurkan di gebyar vaksinasi pertama tersebut.

Camat lembah melintang, Saparuddin dalam diskusi menambahkan di Lembah Melintang sudah disediakan 4 tim vaksinator.

“Alhamdulillah dengan semangat yang tinggi, dengan sosialisasi gencar, masyarakat sudah berdatangan dan antri. Tim nakes tidak mengecewakan masyarakat setempat”, sebut Saparuddin.

Sementara itu, Kapolres M. Aries Purwanto meminta agenda rencana dan jumlah tim vaksinator aktif perlu ditegaskan kembali. Penentuan jumlah vaksinasi disampaikan kepada kepala rumah sakit dan tim vaksinator harus tepat waktu. Agar semua persiapan gebyar vaksinasi dapat dipersiapkan dengan baik dan target dapat terealisasi sesuai harapan.

(wyu)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update