Walikota Pariaman Serahkan Bantuan Kepada Nelayan Sebesar Rp 900 Juta
×

Adsense

Adsense Mobile

Walikota Pariaman Serahkan Bantuan Kepada Nelayan Sebesar Rp 900 Juta

Minggu, 03 Oktober 2021 | 00:00 WIB Last Updated 2021-10-03T12:15:12Z



Genius Umar Serahkan Bantuan Kepada Nelayan Sebesar Rp 900 Juta
Genius Umar Serahkan Bantuan Kepada Nelayan Sebesar Rp 900 Juta. (humas)

Kota Pariaman, MJNews.ID - Walikota Pariaman, Genius Umar menyerahkan bantuan kepada nelayan Kecamatan Pariaman Selatan sebesar Rp 900 juta. Bantuan yang berupa paket lengkap nelayan diperoleh Pemerintah Kota Pariaman melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Pantai Maaruf Amin Desa Taluak Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, Minggu 3 Oktober 2021.

“Bantuan ini merupakan dana DAK Tahun 2021 untuk Kota Pariaman. Awalnya bantuan ini nyaris tertunda dan akan dilakukan untuk Tahun 2022. Namun melihat situasi nelayan dengan alat tangkap yang sudah tidak layak, kita lakukan gerak cepat dan menjemput bantuan tersebut hingga ke Kementerian dan alhamdulillah berhasil sehingga sekarang nelayan sudah bisa melaut kembali dengan peralatan yang telah diberikan,“ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar.

Bantuan sebesar Rp 900 juta terdiri dari 12 paket dan diberikan kepada 7 (tujuh) kelompok nelayan. 1 (satu) paket bantuan terdiri dari Kapal penangkap ikan, mesin dengan kecematan 15 PK, alat tangkap berupa pancing, jaket pelampung, jangkar dan fishboox.

“Hari ini memang kita mendapatkan bantuan hanya 12 paket. Bagi yang belum mendapatkan bantuan ini, kita akan usahakan kembali meminta bantuan pada Kementerian. Semoga saja akan ada DAK Tahun 2022 untuk Kota Pariaman,“ tambahnya.

Perikan menjadi salah satu sektor utama bagi masyarakat pinggir pantai di Kota Pariaman untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Kota Pariaman memiliki potensi kelautan yang besar sehingga nelayan di Kota Pariaman mampu menghasilkan ikan yang segar dan bagus.

“Semoga dengan adanya bantuan ini, dapat meningkatkan kemampuan nelayan dalam menangkap ikan, meningkatkan mutu hasil tangkapan, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan, mampu meningkatkan daya saing dalam pemanfaatn sumber daya ikan dan yang paling penting dengan kapasitas mesin yang besar, lebih bisa menjaga keselamatan dari bahaya cuaca yang kurang baik saat melaut,“ ujarnya.

Adapun kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan tersebut adalah kelompok nelayan Cahaya Sinar Laut Desa Taluak 1 paket, kelompok nelayan Do’a Mande Desa Marunggi 2 paket, Sumbar Riau Desa Talauk 2 paket, kelompok nelayan Paus Sejati Desa Talauk 3 paket, Fajar Jaya Desa Taluak 2 paket, Perhimpunan Nelayan Sejahtera Desa Marunggi 1 paket dan kelompok nelayan Tuah Basamo Desa Pasir Sunur sebanyak 1 Paket.

"Ini merupakan bukti kepedulian Pemerintah Kota Pariaman dalam upaya peningkatan ekonomi nelayan. Untuk itu diharapkan bantuan tersebut dimanfaatkan dan dijaga dengan baik. Yang paling penting sekali adalah jangan sampai bantuan ini berpindah tangan kepada yang lain atau dijual karena apabila kita mendapat kabar bantuan tersbut dijual, kelompok nelayan tersebut tidak akan diberi bantuan lagi,“ tutupnya.

Uji Coba Naiki Kapal Bantuan Nelayan
Setelah menyerahkan bantuan, Walikota Genius Umar mencoba menaiki kapal bantuan kepada nelayan di Kecamatan Pariaman Selatan.

Untuk tahap pertama ini, kata Genius, baru tujuh kelompok yang bisa kita bantu, namun di tahap selanjutnya, ia akan kembali sampaikan ke pihak kementerian terkait, agar nelayan lainnya juga dapat bantuan kapal dan alat-alat penangkapan ikan ini.

"Alhamdulillah, berbagai upaya akan terus kita lakukan ke pemerintah pusat agar masyarakat Kota Pariaman dapat tetap terus berusaha dalam capaian ekonomi dan kebutuhan rumah tangga, dan dibidang-bidang lainnya juga akan kita fasilitasi untuk mendapatkan bantuan," ujar Genius saat berada di atas kapal.

Kepada para nelayan tersebut, Genius tetap ingatkan untuk selalu menjaga keamanan selama melakukan proses penangkapan ikan, contohnya memakai life jacket, tidak merusak terumbu karang, tidak merusak biota laut.

"Semoga dengan bantuan-bantuan yang diturunkan pemerintah ini, mampu menjadi semangat yang tinggi untuk lebih giat lagi berusaha untuk mencapai kesejahteraan keluarga," tutur Genius.

Ia juga memuji kapal bantuan tersebut, mesinnya halus, minim getaran, dan meminta untuk para nelayan tersebut untuk selalu merawatnya agar selalu siap untuk digunakan menangkap ikan.

(dl/aa)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update