Tutup KML Pramuka Kwarcab 0317 Pasbar, Ini Pesan Ketua Risnawanto
×

Adsense

Adsense Mobile

Tutup KML Pramuka Kwarcab 0317 Pasbar, Ini Pesan Ketua Risnawanto

Senin, 15 November 2021 | 22:00 WIB Last Updated 2021-11-16T09:31:16Z



KML Pramuka Kwarcab 0317 Pasbar
KML Pramuka Kwarcab 0317 Pasbar.

Pasaman Barat, Mjnews.id - Kursus Mahir Lanjut (KML) Pembina Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 0317 Pasaman Barat (Pasbar) yang dilaksanakan mulai tanggal 8 - 14 November 2021 resmi ditutup oleh Ketua Kwartir Cabang, Risnawanto, Minggu (14/11/2021) pagi.

KML yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang 0317 Pasaman Barat ini diikuti sebanyak 19 orang peserta yang berasal dari utusan Kwartir Ranting (Kwarran) se-Pasbar.

"Terima kasih atas kerjasama seluruh pihak atas terselenggaranya kegiatan KML tahun 2021 ini. Semoga hal ini bisa kita tingkatkan di tahun mendatang," kata Ketua Kwarcab, Risnawanto di Simpang Empat, Minggu.

Risnawanto yang juga merupakan Wakil Bupati Pasbar tersebut menyampaikan ada beberapa hal yang perlu disikapi. Di mana hal itu mengenai program yang sudah ada mulai dari Kwarcab hingga Kwarnas.

"Salah satunya seperti program Jambore Nasional (Jamnas) tahun 2022 mendatang yang akan kita ikuti. Hal ini perlu menjadi perhatian kita semua, baik itu kami pengurus, Kwarran, dan juga tentu kakak-kakak pembina yang hari ini telah dilantik," ujarnya.

Di samping itu, kedisiplinan, menurut Risnawanto, harus dijunjung tinggi karena kunci utama suksesnya suatu kegiatan ini harus diiringi dengan kedisiplinan.

"Kegiatan ini akan kita tingkatkan di tahun mendatang, kita akan evaluasi kegiatan ini sehingga akan jauh lebih baik untuk kedepannya. Kepada Waka yang membidangi, agar segera menyusun program untuk tahun 2022 mendatang," tegas Ketua Kwarcab.

Di samping itu, ia juga berharap agar pramuka dapat ikut serta dalam kegiatan bersama masyarakat. Pramuka harus bisa ikut andil dan ikut serta dalam setiap kegiatan yang sifatnya sosial dan bencana agar keberadaan pramuka bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Begitu juga dengan kegiatan penanggulangan Covid-19, agar kita bersama-sama dengan Dinas Kesehatan mensukseskan vaksinasi. Kemudian, donor darah juga harus kita lakukan untuk menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan. Saya yakin dan percaya apabila hal ini kita implementasikan secara bersama, maka insya allah akan terwujud," imbuhnya.

Terakhir, atas nama pengurus dan pemerintah daerah Risnawanto mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang dilakukan dan ucapan selamat kepada semua peserta yang telah dilantik sebagai pembina yang telah mengikuti KML.

"Terima kasih juga kepada manajemen PTPN VI atas dukungannya. Kedepannya semoga kerjasama ini tetap bisa dilanjutkan," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Manajer PTPN VI Saiful Cholik Tanjung sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Kwarcab 0317 Gerakan Pramuka. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat sekitar perusahaan.

"Walaupun kegiatan ini hanya kegiatan tahunan, namun kita sangat apresiasi. Kalau bisa kegiatan ini terus dilakukan demi terbentuknya para pembina Pramuka yang berwawasan luas," ucapnya.

Diakuinya, bahwa dulu di PTPN ini saat dibawah tahun 1990 an ada semacam kegiatan kepramukaan sebagai penghubung antara kegiatan pemerintahan dengan pihak perusahaan, namun saat ini sudah tidak ada lagi.

"Kalau memang ada semacam aturan yang bisa untuk mendirikan semacam perkumpulan Pramuka di Perusahaan ini, silahkan berikan kami petunjuknya, untuk kami pelajari lebih lanjut," ungkapnya.

Terakhir, peserta KML Irwan Lubis menyampaikan kesannya dimana kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kelanjutan kegiatan pembinaan di gugus depan mereka masing-masing.

"Harapan saya, agar bagaimana kedepannya kegiatan yang dilaksanakan lebih tersusun rapi dan kiranya agar para peserta KML ini juga bisa sampai ke tingkat pelatihan KPD ataupun KPL," tandasnya.

(wyu)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update