Komite II DPD RI Kunker Pengawasan UU Pelayaran ke Kepulauan Seribu
×

Adsense

Adsense Mobile

Komite II DPD RI Kunker Pengawasan UU Pelayaran ke Kepulauan Seribu

Selasa, 29 Maret 2022 | 07:45 WIB Last Updated 2022-03-29T16:33:33Z


loading...

Komite II DPD RI Kunker Pengawasan UU Pelayaran ke Kepulauan Seribu
Komite II DPD RI Kunker Pengawasan UU Pelayaran ke Kepulauan Seribu. (f/dpd)

KEPULAUAN SERIBU, Mjnews.id - Komite II DPD RI Lakukan Kunker Pengawasan UU Pelayaran ke Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Komite II DPD RI pada masa Sidang IV Tahun Sidang 2021-2022 melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran serta Perubahannya dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja pada hari Senin, 28 Maret 2022 di Pantai Sakura, Pulau Untung Jawa, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Setibanya di Pantai Sakura, Kepulauan Seribu, rombongan kunjungan kerja  Komite II DPD RI yang dipimpin oleh Senator Yorris Raweyai, Ketua Komite II DPD RI dan Wakil Ketua Komite II Bpk. Bustami Zainudin langsung meninjau Dermaga di Pulau Untung Jawa.

Kemudian melangsungkan pertemuan dan dialog dengan Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, bersama masyarakat. Dan bersama rombongan Komite II DPD RI, juga hadir Direktur KPLP Kementerian Perhubungan, Captain Weku Frederick Karuntu, beserta jajarannya, Andi Hartono, Kepala Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok. Captain Wisnu Handoko, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok. Captain Wahyu Prihanto, Kepala PLP Tanjung Priok, Johan Christoffel, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kepulauan Seribu serta dari BUMN yakni PT. PELINDO yang dihadiri oleh Regional Head II, Guna Mulyana dan juga PT. PELNI yang di hadiri oleh Chairiyanto, Vice President Operasi Kapal Penumpang dan Perintis.

Rombongan Kunker Komite II DPD RI kemudian melanjutkan kegiatan dan disambut oleh Wakil Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan beserta jajarannya, dan juga dihadiri oleh Kelompok Sadar Wisata serta Karang taruna.

Dengan dipandu Senator Fahira Idris (DKI Jakarta), Bpk. Bustami Zainudin, Wakil Ketua Komite II DPD RI mengawali sambutannya dengan menyampaikan beberapa catatan permasalahan pelayaran yang ditemukan di Kepulauan Seribu. Khususnya dalam status Kepulauan Seribu sebagai daerah Wisata Unggulan Indonesia dengan kekurangan dermaga, kapal dan juga jadwal yang menunjang status Wisata Unggulan dan tentu pergerakan ekonomi rakyat di Kepulauan Seribu.

Senator asal Lampung ini, juga menegaskan bahwa Kunker ini, sekaligus juga ingin mendengarkan persoalan dari masyarakat dan berusaha mempertemukan dengan stake holder terkait, karena DPD RI, selalu berkomitmen untuk hadir membawa SOLUSI, Dari Daerah Untuk Indonesia.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, tentu saja menyambut baik kegiatan ini dan menegaskan bahwa Pantai Sakura, spot wisata utama Pulau Untung Jawa, juga dipersiapkan menjadi spot wisata malam. Akan tetapi, dermaganya masih sederhana dan belum memadai, selain armada angkutan, juga masih belum cukup memadai.

Ini juga ditegaskan oleh Lurah Pulau Untung Jawa yang menegaskan bahwa proyeksi pembangunan Pulau Untung Jawa, sudah dibuat secara tertulis dan memohon bantuan DPD RI, untuk dapat mendesak pemerintah merealisasikannya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komite II DPD RI dari Provinsi DKI Jakarta yang juga selaku tuan rumah sekaligus memandu dialog, Fahira Idris, berkomitmen untuk membantu dan menjembatani kebutuhan serta menjawab permasalahan di wilayah yang beliau wakili. Selain, juga memang sudah sering berkunjung dan bekerja bersama banyak elemen di Kepulauan Seribu ini.

Senator DKI Jakarta tersebut juga menyampaikan bahwa semua masukan yang telah disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Administrasi, dan juga elemen masyarakat Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu, serta tentu saja stake holder lainnya yang aktif menjawab dan memberi keterangan, akan menjadi masukan dalam pengawasan yang akan disampaikan kepada Kementerian terkait.

Ketua Komite II DPD RI, Yorris Raweyai – Senator Asal Papua akhirnya menutup acara pertemuan ini dengan penegasan sekali lagi, bahwa komitmen membawa SOLUSI, akan dipegang Komite II DPD RI, semua persoalan yang diajukan, akan diperhatikan dan diupayakan solusi selain mendapat klarifikasi dan keterangan on the spot (dalam pertemuan itu), tetapi juga tetap akan disampaikan kepada Kementerian terkait.

Tim Kunker Komite II DPD RI di Kabupaten Kepulauan Seribu. Provinsi DKI Jakarta diketuai oleh Yorris Raweyai (Papua) dan Bustami Zainuddin (Lampung) dan diikuti oleh Anggota Komite II DPD RI, yaitu Fahira Idris (DKI Jakarta), Emma Yohana (Sumatera Barat), Ria Mayang Sari (Jambi), Dharma Setiawan (Kepulauan Riau), Amang Syafrudin (Jawa Barat), Denty Eka Widi Pratiwi (Jawa Tengah), Muhammad Afnan Hadikusumo (DI.Yogayakarta), Adilla Azis (Jawa Timur), Christiandy Sanjaya (Kalimantan Barat), Yustina Ismiati (Kalimantan Tengah), Habib Hamid Abdullah (Kalimantan Selatan), Andri Prayoga Putra Singkarru (Sulawesi Barat) dan Anna Latuconsina (Maluku).

(rls/dpd)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update