ASN Boleh WFH, DPR Harap Pelayanan Kepada Masyarakat Tidak Terganggu
×

Adsense

Adsense Mobile

Advertisement

ASN Boleh WFH, DPR Harap Pelayanan Kepada Masyarakat Tidak Terganggu

Selasa, 10 Mei 2022 | 12.00 WIB Last Updated 2022-05-10T12:21:55Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Guspardi Gaus
Anggota Fraksi PAN DPR RI, Guspardi Gaus.

JAKARTA, Mjnews.id - Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus mendukung pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo yang memberi lampu hijau kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama sepekan mulai Senin 9 Mei 2022.

"Tentu kita mendukung pernyataan Menpan RB agar para ASN diberikan kesempatan bekerja dari rumah atau WFH dengan catatan tidak akan mengganggu urusan administrasi dan pelayanan pemerintahan lain," ujar Guspardi saat dihubungi Selasa (10/05/2022).

Apalagi saat ini pelayanan pemerintah telah menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memungkinkan ASN bekerja secara fleksibel dari rumah atau WFH dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga penerapan WFH selama sepekan kedepan diharapkan tidak mengurangi produktifitas kerja para ASN dalam penyelenggaran pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat, tutur Politisi PAN ini.

Legislator asal Sumatera Barat ini menilai apa yang di sampaikan Menpan RB itu merupakan wujud dukungan kepada usulan dari Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo agar instansi swasta maupun pemerintah yang masih memungkinkan dalam satu minggu ke depan bisa melaksanakan aktivitas kantor secara WFH demi mengurai kemacetan arus balik ke tempat tujuan. Hal itu untuk memastikan dan menjawab kebingungan para pekerja dan ASN yang hendak melakukan arus balik Lebaran agar tidak bersamaan. Dengan membagi waktu gelombang arus balik diharapkan dapat mengurai kemacetan arus balik Lebaran 2022.

Oleh karena itu diharapkan Menpan RB dapat segera melakukan koordinasi bersama Mendagri mengeluarkan aturan tekhnis pelaksanaan WFH bagi ASN ini. Supaya Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dapat mengatur pembagian jadwal kerja di masing-masing instansinya. Sehingga aktifitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik dan tidak terganggu dengan penerapan WFH tersebut, pungkas anggota Baleg DPR RI menutup pembicaraan.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menyetujui usul Kapolri untuk menerapkan WFH bagi ASN demi mengurai kemacetan arus balik Lebaran 2022. Tjahjo meminta pejabat pembina kepegawaian (PPK) mengatur jadwal WFH tersebut.

Dalam keterangan MenPAN-RB, seperti dilansir Antara, Sabtu (7/5/2022), disarankan kepada seluruh instansi pemerintahan mengatur jadwal WFH bagi seluruh aparatur sipil negara selama sepekan mulai Senin (9/5/2022).

(Eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update