Kakanwil Kemenag Sumbar: Orangtua Cerdas Sekolahkan Anaknya di RA
×

Adsense

Adsense Mobile

Advertisement

Kakanwil Kemenag Sumbar: Orangtua Cerdas Sekolahkan Anaknya di RA

Jumat, 17 Juni 2022 | 21.15 WIB Last Updated 2022-06-23T07:17:16Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

H Helmi lepas 172 murid RA Ikhlas
Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi lepas 172 murid RA Ikhlas. (f/humas)

Padang, Mjnews.id - Sebanyak 172 murid Raudhatul Athfal (RA) Ikhlas di bawah binaan DWP Kanwil Kemenag Sumbar resmi dilepas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi, Jumat 17 Juni 2022. 

Hadir bersama Ketua yayasan RA Ikhlas DWP Kanwil Kemenag Sumbar, Ny. Hj. Nazifah Helmi beserta pengurus, Kakanwil meapresiasi terlaksananya acara tersebut dan tak lupa ucapan terimakasih juga disampaikan Kakanwil atas usaha dan kerja keras seluruh civitas RA Ikhlas sehingga bisa membungkus kegiatan ini dengan apik. 

Selaku pembina, Kakanwil menginformasikan bahwa di Sumbar terdapat 441 lembaga RA dengan jumlah siswa se Sumbar 14.157 orang dan RA Ikhlas Gunung Pangilun Padang memiliki siswa terbanyak. 

Kakanwil menambahkan, Menyekolahkan anak di RA adalah pilihan yang cerdas karena selain mendapatkan ilmu pengetahuan umum, anak anak juga akan ditempa dengan pendidikan agama yang lebih banyak. 

"Semoga dengan menyekolahkan anak anak kita ke RA dengan harapan menciptakan generasi Islami yang sholeh dan sholehah kebanggan Bangsa dan Negara," ujar Kakanwil. 

Terakhir, Kakanwil berharap agar RA Ikhlas terus meningkatkan mutu agar lebih baik sehingga mudah masuk ke MI dan sekolah lanjutan favorit nantinya. 

Sementara Ny. Hj. Nazifah Helmi selaku ketua yayasan menginformasikan bahwa RA Ikhlas ini berdiri dari tahun 1984 pada tanggal 17 Desember dibawah kepemimpinan Asnawi Karim pada waktu itu. 

"Alhamdulillah sampai saat ini RA sangat diminati, ini terbukti dengan jumlah pendaftar ke RA dan jumlah rombelnya yang terus bertambah," terang Ny. Nazifah. 

Senada dengan Kakanwil, Ketua yayasan Ny. Nazifah juga menyampaikan bahwa menyekolahkan anak ke RA merupakan salah satu langkah awal mempersiapkan peserta didik yang paham akan ajaran Islam. 

"Atas nama pengurus yayasan, kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kepercayaan orangtua untuk mendidik anak anaknya di RA Ikhlas ini," ucapnya. 

"Kami selalu berusaha semaksimal mungkin mendidik anak menjadi anak cerdas berbakti dan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi sehingga sukses nantinya, dan apabila selama dididik di RA Ikhlas ini masih ada kekurangan kami mohon maaf dan kami akan tetap memberikan pelayanan pendidikan yang baik dimasa akan datang," jelas Ketua DWP. Kanwil Kemenag Sumbar yang akrab dipanggil incim ini. 

Kepala RA Ikhlas, Ihda Sadri melaporkan bahwa 224 siswa RA Ikhlas dididik oleh 18 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dengan 9 rombel. 

Menurut Ihda, ini adalah tahun ke 3 melepas dan wisuda Iqra' secara bersama dan ini tahun pertama dilakukan secara tatap mungka stelah adanya wabah pandemi. 

"Semoga ini awal pembuka untuk lebih baik kedepannya, dan ini adalah merupakan generasi yang belajar dengan sistem daring," ujarnya. 

"Acara ini bisa terlaksana karena dukungan dan motivasi yang kuat dari bapak pembina, ibu pengurus yang selalu mensupport, mama dan papa wali murid yang selalu membersamai semua kegiatan di RA, guru guru yang tak pernah mengenal kata lelah dalam mengangkatkan acara ini serta semangat yang tinggi dari anak anak kita yang selalu ingin maju bersama," tambah Ida. 

Ditambahkannya, meski dibatasi wabah pandemi sehingga anak kita merasakan situasi belajar daring selama satu semester dan baru 6 bulan belakangan anak kita belajar tatap mungka, saat itulah semangat anak anak tumbuh kembali dan Alhamdulillah ternyata pandemi covid tidak menyurutkan semangat anak kita untuk berprestasi, buktinya anak anak kita mampu meraih prestasi baik ditingkat RA, tingkat Kecamatan, dan baru baru ini anak kita meraih juara umum pada AKSIOARA (Ajang Kompetisi Seni Olahraga Raudhatul Athfal) tingkat Kota Padang dan Alhamdulillah anak kita juga berprestasi di tingkat Provinsi.

Adapun rincian prestasi anak anak RA Ikhlas binaan DWP Kanwil Kemenag Sumbar tahun pelajaran 2021/2022 di masa pandemi Covid 19 dengan sistem PBM daring, untuk Tingkat Kota Padang; Juara I, II, dan III Lomba Mewarnai Kolaborasi Ibu dan Anak, Juara I Tahfidz tingkat RA, Juara II Shalat Berjemaah, Juara Favorite Lomba Kolase Kolaborasi Ibu dan Anak, Juara I Lomba Mewarnai, Juara I dan III Tahfidz, Juara I Playdough, Juara I senam anak Sholeh.

Sementara prestasi untuk Tk. Sumbar, Juara I Playdough di Mifan Padang Panjang, Juara I Mengarsir kokaborasi Ibu dan Anak di Mifan Padang Panjang, dan Juara II Tahfidz Putra, juga sudah 2 tahun ini RA Ikhlas ikut mengisi acara Tadarus Alquran di Padang Tv. 

"Semoga pencapaian ini tidak membuat kita sombong, mari kita jadikan penyemangat untuk lebih meningkatkan prestasi di ajang lomba pada tahun tahun mendatang," usai Kepala RA Ikhlas diakhir sambutannya dalam kegiatan yang mengusung tema 'Mari Bersama Mengukir Prestasi Menuju Generasi Rabbani Cerdas, Ceria Berakhkak Mulia' ini.

(hms)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update