Empat Parpol Hadir Mendaftar ke KPU di Hari Kedelapan
×

Adsense

Adsense Mobile

Empat Parpol Hadir Mendaftar ke KPU di Hari Kedelapan

Selasa, 09 Agustus 2022 | 02.00 WIB Last Updated 2022-08-08T19:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Logo KPU
Ilustrasi.

Jakarta, Mjnews.id - Tahapan Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 telah memasuki hari kedelapan pada Senin (8/8/2022). Sesuai jadwal tahapan, KPU membuka kegiatan pendaftaran parpol sejak tanggal 1 Agustus hingga 14 Agustus 2022.

Pada hari kedelapan, pendaftaran hadir sebanyak empat (4) partai politik yakni Partai Republiku Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Partai Republiku Indonesia yang hadir pada kesempatan pertama, mengapresiasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) terutama kepada Tim KPU yang responsif melayani dan membantu mengarahkan terkait input data di SIPOL.

Partai Hanura yang hadir pada kesempatan kedua berharap pemilu yang dilaksanakansecara jujur dan adil menjadikan sebagai pemilu bermartabat, yakni pemilu yang membawa harga diri bangsa dan terus menjaga persatuan serta kesatuan bangsa.

Partai Gerindra yang hadir pada kesempatan ketiga mengatakan KPU memiliki tanggung jawab yang berat dan sakral kepada bangsa negara dan sejarah, bahwa wujud pelaksanaan proses demokrasi ada di pundak KPU.

PKB yang hadir pada kesempatan keempat menyampaikan apresiasi kepada teknologi yang dibangun KPU, yakni Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). SIPOL mempermudah dan memperlancar PKB dalam melaksanakan proses pendaftaran.

Sekretaris Jenderal KPU RI, Bernad Dermawan Sutrisno menyambut Ketua Umum dan Sekjen bersama delegasi parpol yang hadir. Kemudian delegasi parpol diantar menuju Ruang Rapat Utama di lantai 2 Gedung KPU untuk menyerahkan dokumen pendaftaran, surat 
pendaftaran dan dokumen persyaratan lainnya.

Di Ruang Rapat Utama lantai 2 Gedung KPU, Ketua KPU didampingi Anggota KPU
Idham Holik, Betty Epsilon Idroos, August Mellaz, Moch Afifuddin, Parsadaan Harahap, danYulianto Sudrajat, bersama Tim Teknis Pendaftaran parpol KPU telah menunggu delegasi parpol dan siap untuk menerima dokumen pendaftaran parpol tersebut.

Sebelum menyerahkan dokumen parpol, KPU memutarkan mars masing-masing parpol untuk dinyanyikan oleh delegasi yang hadir di Ruang Rapat Utama lantai 2 Gedung KPU. 

Sebagai informasi, kegiatan pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 ini dapat disaksikan secara langsung melalui channel Youtube KPU RI.

Dalam sambutannya, Hasyim mengatakan bahwa pendaftaran partai politik ketentuannya adalah menyerahkan surat pendaftaran dan dokumen persyaratan secara lengkap. 

“Hanya satu kategorinya yakni lengkap atau tidak lengkap. Jadi sekarang belum sampai pada penilaian apakah dokumennya sudah benar atau sah, tetapi baru pada tingkat lengkap atau tidak lengkap,” jelas Hasyim.

Hasyim menjelaskan dasar hukum Tahapan Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah UU No. 7 Tahun 2022 tentang Pemilihan Umum, Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 55/PUU-XVIII/2020 dan PKPU No. 4 Tahun 2022.

Hasyim mengungkapkan, ada 3 kategori Partai Politik calon peserta Pemilu Tahun 2024 yakni:
1. Partai Politik peserta Pemilu tahun 2019 yang memenuhi ambang batas perolehan suara paling sedikit 4 persen dari perolehan suara sah secara nasional yang akan mendaftar dan dilanjutkan verifikasi administrasi;
2. Partai Politik peserta Pemilu tahun 2019 yang tidak memenuhi ambang batas perolehan suara paling sedikit 4 persen dari perolehan suara sah secara nasional yang akan mendaftar setelah itu dilanjutkan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual;
3. Partai Politik yang tidak menjadi peserta Pemilu dalam Pemilu terakhir, akan mendaftar yang selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Dijumpai usai menerima empat delegasi parpol yang mendaftar hari ini, Anggota KPU Parsadaan Harahap menjelaskan, hingga hari ke delapan, Senin (8/8/2022) KPU sudah menerima pendaftaran 18 parpol peserta Pemilu 2024. Dari 18 parpol tersebut, 10 parpol sudah masuk dalam tahap verifikasi administrasi. 

Terkait dengan verifikasi administrasi, KPU melakukan secara terfokus di Hotel 
Borobudur, Jakarta. KPU melakukan verifikasi administrasi secara terfokus karena ada batasan waktu. KPU telah menyiapkan 8 tim, 6 tim untuk melakukan verifikasi administrasi, dan 1 tim untuk dukungan umum, dan 1 tim untuk Helpdesk. 

Lanjut Parsa, Minggu (7/8/2022) kemarin sebagai satu kesatuan penyelenggaraan 
pemilu, KPU mengundang Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk melakukan Peninjauan Verifikasi Administrasi Dokumen Persyaratan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 untuk melihat secara faktual kesiapan tim KPU melakukan proses verifikasi administratif secara objektif.

“Alhamdulillah sampai hari ini responnya positif apa yang dilakukan oleh KPU, dari 
penilaian teman-teman Bawaslu dan DKPP, mereka melihat bahwa proses sudah berjalan on the track. KPU akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap proses penerimaan pendaftaran,” kata Parsa.

Khusus kepada Teman Pemilih, Parsa berpesan untuk menyaksikan secara langsung proses pendaftaran partai politik yang dilakukan KPU. Live streaming ini merupakan komitmen KPU untuk memastikan semua proses tahapan berlangsung secara transparan.

“Tentunya ini harus dimanfaatkan oleh Teman Pemilih sebagai sebuah updating informasi terkait proses pemilu yang tentunya akan menjadi referensi dan informasi sekaligus menjadi bagian sosialisasi dan mengedukasi juga untuk melihat situasi secara real time apa yang terjadi di KPU. Saya kira ini penting untuk kita bisa bersama-sama menyukseskan proses pemilu serentak di tahun 2024,” tutupnya.

Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Tim Verifikasi Administrasi KPU RI terhadap Partai Republiku Indonesia yang mendaftar sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024, pukul 11.30 WIB, KPU menyatakan dokumen belum lengkap dan dikembalikan.

Sedangkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Tim Verifikasi Administrasi KPU RI terhadap Partai Hanura, pukul 14.25 WIB, Partai Gerindra, pukul 15.46 WIB dan PKB, pukul 16.31 WIB, KPU menyatakan dokumen lengkap dan parpol bersangkutan dinyatakan didaftar.

Turut hadir di Ruang Rapat Utama di lantai 2 Gedung KPU, Bawaslu RI dan pemantau Pemilu.

(Eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update