Kanwil Kemenkumham DKI Tingkatkan Kualitas Pelayanan Melalui Peningkatan Kapasitas SDM
×

Adsense

Adsense Mobile

Kanwil Kemenkumham DKI Tingkatkan Kualitas Pelayanan Melalui Peningkatan Kapasitas SDM

Selasa, 30 Agustus 2022 | 18.50 WIB Last Updated 2022-08-30T11:50:07Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta selenggarakan Peningkatan Kapasitas SDM
Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta selenggarakan Peningkatan Kapasitas SDM Dalam Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik, Selasa (30/8/2022). (f/kemenkumham)

JAKARTA, Mjnews.id - Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), diikuti seluruh jajaran di Lingkungan Kanwil Kemenkumhan DKI Jakarta, Selasa (30/8/2022), di Hotel Royal Kuningan Jakarta.

Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun mengatakan, acara ini diselenggarakan dalam rangka penguatan peningkatan kualitas pelayanan publik dilingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Ibnu menuturkan, keterbukaan Informasi Publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. 

“Seluruh satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta harus memberikan transparansi terhadap semua kegiatan dan programnya. Dan diharapkan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di seluruh satuan kerja agar mengimplementasikan UU Keterbukaan Informasi Publik dan mempraktikkan layanan informasi publik secara maksimal,” tuturnya.

Kegiatan ini mengundang para narasumber yang terdiri dari Ketua Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta Harry Ara Hutabarat, Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI Sutrisno, Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Sekretariat Jenderal Kemenkumham Hantor Situmorang, Ketua Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta Aang Muhdi Gozali, Analis Hukum Ahli Madya pada Badan Kepegawaian Negara Poneta Masli, dan Auditor Madya pada Inspektorat Jenderal Kemenkumham Siti Sofiatun. 

Dalam acara ini, Ketua Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta, Harry Ara Hutabarat, memberikan apresiasi atas kolaborasi dan sinergi yang telah terjalin. Beliau berharap jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta dapat berjalan bersama dalam informasi publik. “Nilai PASTI yang ada pada Kemenkumham tinggal diimplementasikan saja dalam keterbukaan informasi publik,” ujar Harry. 

Dia pun memaparkan pentingnya Daftar Informasi Publik (DIP) dan Daftar Informasi Dikecualikan (DIK) dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik serta bagaimana cara penyelesaian sengketa informasi publik.

Sementara itu, Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Setjen Kemenkumham, Hantor Situmorang, meminta seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta untuk meningkatkan komitmen dalam mendorong seluruh PPID melaksanakan pelayanan informasi publik yang berkualitas sesuai dengan standar layanan. 

“Kami juga telah melakukan benchmarking ke Komisi Informasi Pusat dan sharing dengan PPID Kementerian lain sebagai bentuk kolaborasi dan penguatan para pengampu PPID di Kemenkumham,” ujar Hantor.

Lebih lanjut, dalam giat ini Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenkumham, Sutrisno juga menyampaikan bagaimana implementasi kebijakan penempatan pegawai sesuai dengan kompetensi dan kualifikasi Sumber Daya Manusia. 

Bersama dengan Poneta Masli dari Badan Kepegawaian Negara serta Siti Sofiatun dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham, para narasumber juga menjelaskan tentang banding administratif dan pengaduan bagi peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Para Kepala Divisi, Para Kepala Unit Pelaksana Teknis dan para pegawai yang menangani kepegawaian dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi pada seluruh satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

(bs)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update