Kepengurusan Dilantik, IWAPI Sawahlunto Siap Bantu UMKM
×

Adsense

Adsense Mobile

Kepengurusan Dilantik, IWAPI Sawahlunto Siap Bantu UMKM

Senin, 29 Agustus 2022 | 22.42 WIB Last Updated 2022-08-29T15:42:06Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

SAWAHLUNTO, Mjnews.id - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Sawahlunto menyatakan siap membantu UMKM dengan mendaftar dan masuk e-Katalog, untuk bergabung pada pengadaan barang/jasa milik pemerintah. 

"Kita sekarang sedang menyusun program kerja dan salah satu prioritasnya adalah mendukung UMKM, khususnya yang dikelola oleh perempuan untuk terdaftar pada e-Katalog. Sebelumnya, langkah pertama sudah kita mulai dengan melaksanakan update (pembaruan) pendataan UMKM, sehingga kalau datanya sudah lengkap kita secara  jelas bisa mendukung dan memberi solusi atas kendala yang ada," ungkap Ketua DPC IWAPI Kota Sawahlunto Ny. Neldaswenty Zohirin, pada Senin (29/8/2022) di Hall Ombilin sesaat setelah dikukuhkan oleh Ketua DPD IWAPI Sumbar. 

Kita ketahui, berbagai potensi UMKM yang dikelola oleh perempuan di Kota  Sawahlunto, cukup besar. Kehadiran IWAPI untuk berkontribusi dalam  memberdayakan UMKM yang ada. 

"IWAPI siap berperan dari sejumlah aspek, termasuk dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola UMKM  dengan menjembataninya untuk mengikuti berbagai pelatihan, misalnya. IWAPI siap membantu dalam  meningkatkan sinergi antar UMKM agar tercipta sebuah  kekuatan dalam berusaha," ujar ketua  Neldaswenti. 

Dalam upaya menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi, IWAPI juga merancang agar perempuan-perempuan pengelola UMKM bisa mengenal dan menguasai pemasaran secara online, baik secara online shop atau pun media sosial. 

Kepengurusan DPC IWAPI Sawahlunto, diperkuat dengan 40 orang anggota, dengan target bisa mencapai 100 orang anggota, nantinya. 

Sementara itu, Ketua DPD IWAPI Sumbar Eti Nurhayati yang mengukuhkan kepengurusan DPC IWAPI Kota Sawahlunto menyampaikan ucapan selamat dan berharap agar jajaran IWAPI di Kota  Sawahlunto mampu  menjaga semangat dan kebersamaan dalam berusaha. 

"Ada tiga (3) tema yang menjadi pilar IWAPI yaitu kolaborasi, inovasi dan digital. Saya mengajak para pengurus dan anggota, agar pilar-pilar ini dapat dipahami betul dan dapat diterapkan ke dalam program kerja," pungkas Eti Nurhayati. 

Walikota (Wako)  Sawahlunto, Deri Asta SH yang turut hadir langsung saat pengukuhan, sangat mengapresiasi dan menilai IWAPI merupakan sebagai langkah mitra strategis bagi Pemko  Sawahlunto dalam mendukung dan memberdayakan UMKM. 

Dalam kesempatan ini, juga disampaikan kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sawahlunto agar secara bersama, turut mendukung dan memfasilitasi berbagai program kerja IWAPI. 

"Sesuai dengan misi Pemko Sawahlunto, kita memang berpihak dan memberikan perhatian lebih pada ekonomi produktif yang digerakkan oleh masyarakat. Apa lagi saat ini, sudah banyak perempuan Sawahlunto yang berperan aktif dalam UMKM dan Pemko tetap berkomitmen dalam mendukungnya termasuk melalui kehadiran IWAPI sebagai mitra dalam merealisasikannya," ujar Wako Sawahlunto Deri Asta.

(Fd/Yung)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

×
Berita Terbaru Update