Wabup Nias Barat Siap Bantu Mahasiswa Susun Skripsi
×

Adsense

Adsense Mobile

Wabup Nias Barat Siap Bantu Mahasiswa Susun Skripsi

Rabu, 31 Agustus 2022 | 19.15 WIB Last Updated 2022-08-31T12:31:39Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Nias Barat, Mjnews.id - Wakil Bupati Nias Barat (Nisbar), Sumatera Utara, Era Era Hia menyampaikan kesediaannya membantu mahasiswa asal Nisbar yang kesulitan membuat dan menyusun skripsi yang merupakan tugas akhir dalam menyelesaikan pendidikan S1 (sarjana).

Hal tersebut disampaikannya menyikapi pemberitaan salah satu media di Nias, yang dalam isi beritanya menyebutkan sekitar 70-80 persen mahasiswa semester akhir menjiplak atau memplagiat skripsi orang lain.

Era Era menjelaskan, pada masing-masing kampus sudah menetapkan batas maksimum mengutip milik orang lain, biasanya hanya 20 persen. Jika melewati batas yang sudah ditetapkan kampus, artinya itu pelanggaran.

"Plagiarisme sebagai perbuatan tercela. Sebab itu melanggar kode etik ilmuwan, karena dapat merugikan penulis asli, membohongi para pembaca, membohongi publik dan menurunkan integritas diri. Tentu itu yang sangat tabu di seluruh universitas di dunia karena dapat merusak reputasi perguruan tinggi serta membunuh kreativitas dan menghambat persaingan yang sehat," katanya kepada Mjnews.id, Rabu (31/8/2022).

Untuk itu, Era Era Hia yang juga sebelumnya seorang dosen pembimbing membuka kesempatan dan peluang kepada mahasiswa asal Nias Barat yang ingin berdiskusi dan dibantu dalam pembuatan skripsi.

Khusus masyarakat Nisbar yang barangkali terkendala dalam menyusun skripsi, Saya selaku Wabup Nisbar yang kebetulan memiliki kemampuan dalam hal mengarahkan mahasiswa untuk menyusun skripsi atau tugas akhir siap membantu apabila ada mahasiswa yang datang ke Saya. Supaya saya arahkan mereka agar ke depan tidak terkendala dalam menyusun skripsi. Saya ingin berbagi pengetahuan yang Saya dapatkan sebagai Doktor yang tentu sudah terbiasa dalam penulisan karya ilmiah," katanya.

Ia berharap seluruh mahasiswa agar dapat menghasilkan karya dengan kemampuan sendiri dan original, agar ilmu yang didapat menjadikan bekal yang bermanfaat bagi banyak orang.

"Ayo mahasiswa asal Nisbar jangan biasakan menjiplak, tapi biasakan menyusun skripsi dengan kemampuan sendiri dan original. Apa yang dikerjakan dengan jerih lelah sendiri nilai kepuasannya sangat luar biasa. Saya pribadi siap membantu manakala ada kawan-kawan yang ingin bersilaturahmi berdiskusi," katanya. 

(Emuni)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update