Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94, HMI Cabang Sijunjung Gelar Dialog Pemuda Islam
×

Adsense

Adsense Mobile

Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94, HMI Cabang Sijunjung Gelar Dialog Pemuda Islam

Kamis, 03 November 2022 | 23.25 WIB Last Updated 2022-11-03T16:25:15Z

Advertisement

Advertisement

HMI Cabang Sijunjung Gelar Dialog Pemuda Islam
HMI Cabang Sijunjung Gelar Dialog Pemuda Islam. (f/eko)

SIJUNJUNG, Mjnews.id - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sijunjung menggelar kegiatan dialog pemuda Islam dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94, Kamis (3/11/2022) di Gedung UDKP Kecamatan Sijunjung. 

Dialog publik yang berlangsung dengan tema Optimalisasi pergerakan pemuda Islam di Era Disrupsi tersebut, menghadirkan Tiga orang narasumber, yakni Kapolres Sijunjung, AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, S.IK,MH, Marzul Veri, ST, M.Si yang merupakan mantan ketua KNPI Sumbar dan Kepala Inspektorat Kabupaten Sijunjung, Welfiadril yang merupakan mantan Ketua KNPI Sijunsjung. Juga turut hadir Camat Sijunjung, Kapolsek Sijunjung, Perwakilan KNPI Sijunjung, Pengurus HMI Sijunjung serta utusan masing masing sekolah setingkat SLTA.

Ketua HMI Kabupaten Sijunjung, Dickalmen Putra mengatakan bahwa yang melatarbelakangi diadakannya dialog tersebut yaitu adanya rasa kegelisahan oleh pemuda, di mana era Disrupsi atau era perubahan besar sangat berpengaruh pada pola pikir dan pola hidup pemuda saat ini.

"Terutamanya dalam bidang pendidikan, di mana pasca pandemi Covid 19 dengan sistem pembelajaran secara daring (online), dan hal tersebut berimplikasi terhadap kreativitas para pemuda, khususnya pemuda Islam. Sebab di Kabupaten Sijunjung mayoritas pemudanya adalah Islam," ujarnya.

Menurutnya, Organisasi HMI yang merupakan organisasi Islam harus ikut berperan dalam penguatan Optimalisasi pergerakan pemuda Islam di era disrupsi saat ini.

"Jadi dalam dialog tersebut terlebih mengarah pada persiapan atau pengoptimalan peran pemuda di era disrupsi ditambah adanya perkembangan era digital di zaman sekarang dengan adanya smartphone sangat membantu mempermudah seluruh elemen masyarakat dalam beraktifitas. Selain itu, perlu juga dianut asas-asas pemanfaatan teknologi sehingga dapat memilih dan memilah baik yang negatif maupun positif. Inilah yang mesti harus kita sadari bersama terutama bagi pemuda islam," katanya.

Sementara itu, Kapolres Sijunjung, AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut memaparkan tentang peran Polri khususnya Polres Sijunjung sesuai undang-undang nomor 2 Tahun 2002. Dimana dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat saat ini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi di era digital dengan memberikan himbauan Kamtibmas agar menciptakan Kabupaten Sijunjung yang aman dan kondusif. 

"Selain itu, kami juga mengimbau agar public tidak terhasut berita Hoax maupun Hate Speech. Imbauan ini baik melalui radio-radio, sosial media (Sosmed) maupun imbauan langsung ke masyarakat," jelasnya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi atas dialog yang dilaksanakan oleh HMI cabang Sijunjung tersebut, sebab bisa bertukar pikiran dalam perbedaan dalam menghadapi era perubahan, dimana kaitannya perubahan ini sangat jelas sekali dan dirasakan oleh semua pihak.

"Dengan adanya perubahan Berarti ada dampak ataupun kontribusi positif dan negatif yang terjadi dan hal tersebut harus bisa dipahami. Dimana ada disrupsi dari konvensional menjadi era semuanya digital. yang penting satu, tanamkan pada pola pikir kita, agar kita jangan sampai menjadi sampah masyarakat dan jadilah orang yang berguna bagi bangsa negara agama serta orang tua yang bisa memberikan kebanggaan, jangan sia-siakan kerja keras orangtua. Pemuda harus kuat dan harus tetap semangat dalam menjaga keutuhan NKRI," katanya. 

Kapolres menambahkan, Pemuda adalah ujung tombak perubahan, kekuatan moral dan kontrol sosial yang peduli terhadap bangsa maupun daerah. Selain itu, pemuda juga harus memperkuat wawasan kebangsaan berupa cinta tanah air, NKRI harga mati, Pancasila sebagai dasar negara dan wawasan-wawasan lainnya utk memupuk rasa persatuan kesatuan bermasyarakat di negara republik Indonesia.

"Peran pemuda dalam memaknai sebuah kebangkitan. Pemuda harus pandai membaca peluang pada masa depan, jangan sampai kita hanya terlena pada masa sekarang lalu tergilas pada masa akan datang dikarenakan pesatnya perubahan zaman," tuturnya.

Di akhir sambutannya, Kapolres mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada Pengurus HMI Cabang Sijunjung atas diselenggarakannya dialog Publik tersebut dan telah ikut dalam membantu dan memelihara situasi Kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Sijunjung yang kondusif serta membantu tugas Polri dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

(*/eko)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update