Jalan Pariaman – Padang Alai Rusak 2 Titik, Setahun Lebih Belum Ada Perbaikan

jalan rusak di Korong Kampung Tangah
Lokasi kerusakan badan jalan ini di Korong Kampung Tangah, Nagari Kudu Ganting, Kecamatan V Koto Timur, longsornya sudah 1,5 tahun. Masyarakat minta ada perbaikan segera dari pihak terkait. (f/dok)

Padang Pariaman, Mjnews.id – Kegelisahan masyarakat terhadap kerusakan jalan sudah hampir merata setiap kecamatan. Kini jalan kabupaten ruas Pariaman – Padang Alai rusak pada 2 titik, di Lakuak Landia, Nagari Gunung Padang Alai rusaknya sudah 2,5 tahun. Sedangkan di Lakuak Uba tepatnya di Korong Kampung Tangah, Nagari Kudu Ganting, Kecamatan V Koto Timur rusaknya 1,5 tahun.

Anehnya kerusakan itu diabaikan saja oleh Pemda Padang Pariaman, tidak terlihat tanda-tanda mau diperbaiki.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Wali Korong Kampung Tangah, Nagari Kudu Ganting, Zulhendra saat dikonfirmasi Kamis (29/12/2022) mengatakan, kerusakan jalan di Lakuak Uba sudah 1,5 tahun lamanya. “Namun sampai kini belum ada perbaikannya,” ujarnya.

Menurut Zulhendra, sekitar bulan Oktober 22 ada informasi akan diperbaiki dengan anggaran APBD perubahan dengan catatan masyarakat setempat mau tanahnya dipakai untuk pemindahan saluran air.

Baca Juga  Bupati Padang Pariaman Luncurkan Program Keluarga Harapan Tahap I

“Sebagai walikorong saya sudah hubungi pemilik tanah dan mereka membolehkan tanahnya dipakai asalkan jalan diperbaiki,” kata Hendra panggilan akrab wali korong ini.

“Ternyata janji mau memperbaiki dengan APBD perubahan tidak pernah terlaksana,” tukuknya.

Tokoh masyarakat Padang Pariaman, Hj. Endarmy mengatakan, Pemda Padang Pariaman di bawah kepemimpinan Suhatri Bur kurang tanggap dengan kerusakan urat nadi transportasi masyarakat dan terkesan mengabaikan berlama-lama.

“Apabila kondisi kerusakan cukup berat dan tidak mungkin ditanggulangi dengan APBD Padang Pariaman kan ada Pemerintah Provinsi dan Pusat tempat kita mengadu.

“Apa sih sulitnya mengajak wartawan media eloktronik dan media online ke lokasi. Setelah masuk TV Nasional pasti orang pusat tahu diiringi proposal lagi,” tukas mantan anggota DPRD Sumbar ini.

Kadis PUPR Padang Pariman, El Abdes saat dikonfirmasi secara terpisah membenarkan kerusakan 2 titik ruas jalan Pariaman – Padang Alai. Menurut El Abdes kerusakannya cukup berat, untuk perbaikannya butuh dana masing-masing Rp. 6 miliar, keduanya habis Rp. 12 miliar.

Baca Juga  Pemko Pariaman Revitalisasi Jalan di Desa Sungai Rambai

“Artinya, APBD Padang Pariaman belum bisa menanggulanginya. Proposal Pemda Pariaman sudah sampai di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Mudah-mudahan menjadi prioritas,” ucap El Abdes.

(Tka)