Kepala Diskominfotik dan Persandian Pesisir Barat Imbau Warga Hentikan Aktivitas di Pantai Sementara, Ini Sebabnya

Suryadi
Kadis Kominfotik dan Persandian Pesisir Barat, Suryadi. (f/kominfotik)

Pesisir Barat, Mjnews.id – Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi, Informatika, Statistik (Kominfotik) dan Persandian, Suryadi, S.IP. MM mengimbau kepada warga Bumi Parasaibatin dan Para Ulama untuk waspada atas peningkatan ketinggian air laut pasang maksimum.

Suryadi sampaikan imbauan itu pada Jum’at (23/12/2022), atas adanya perubahan iklim sejak sejak 2 hari terakhir. Cuaca mendung, berawan, hujan ringan disertai angin kencang sehingga berpengaruh dengan peningkatan ketinggian ombak yang mesti diwaspadai. Untuk sementara waktu hentikan aktivitas di laut dan seputaran pantai.

Hal itu dikuatkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Barat yang menyampaikan, sepanjang pantai Kabupaten Pesisir Barat telah terjadi banjir rob, sehingga mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya para nelayan untuk antisipasi terjadi banjir rob kembali, agar tidak ada kerugian yang ditimbulkan.

Sementara menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), intensitas hujan diperkirakan puncaknya bulan lalu tapi karena terjadinya angin kencang hingga adanya pasang maksimum di mana ombak tinggi di sepanjang pantai Kabupaten Pesisir Barat, yang diperkirakan penyebabnya fase bulan baru dan Perigee (jarak terdekat bumi dengan bulan pada tanggal 26 Desember 2022).

Baca Juga  Kunjungi Lampung, Puan Disambut Ratusan Tokoh Masyarakat

Dari kondisi ini, sesuai Data BMKG serta imbauan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pesisir Barat, maka Suryadi mengimbau kepada masyarakat, nelayan, para wisatawan untuk tidak melaut dan melakukan aktivitas di pantai terlebih dahulu sampai kondisi normal dan membaik.

(Nurman)