Kolaborasi Kreator YouTube dan Pelaku UKM Tingkatkan Promosi Produk Lokal

Wamendag Jerry Sambuaga dalam "Kreator Indonesia Berkarya: Watch Indonesia Grow" yang diadakan YouTube di Park Hyatt, Jakarta
Wamendag Jerry Sambuaga dalam "Kreator Indonesia Berkarya: Watch Indonesia Grow" yang diadakan YouTube di Park Hyatt, Jakarta, Senin (5/12/2022). (f/yahoo)

Jakarta, Mjnews.id – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam “Kreator Indonesia Berkarya: Watch Indonesia Grow” yang digelar YouTube di Park Hyatt, Jakarta hari ini, Senin (5/12/2022), tegaskan pentingnya kolaborasi yang lebih luas antara kreator media sosial dan sektor usaha kecil dan menengah (UKM) untuk menampilkan dan mengangkat nilai unik Indonesia. Produk UKM bisa dipromosikan ke seluruh dunia.

Kegiatan tersebut termasuk dalam rangkaian acara tahunan Google for Indonesia yang diselenggarakan pada 7 Desember 2022.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Turut hadir Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf, Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan sejumlah kreator seperti Susi Pudjiastuti, Maudy Ayunda, dan Magdalenaf.

“Kreator YouTube diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan dalam mengkapitalisasi dan meningkatkan promosi produk UKM Indonesia. Dengan demikian, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tidak hanya menjadi slogan, tapi juga mewujud dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Wamendag Jerry.

Baca Juga  Jangan Abaikan! Demer Ungkap Ratusan Anak Muda Ternyata Berminat Jadi Pengekspor

Wamendag Jerry mengungkapkan, YouTube bekerja sama dengan Oxford Economics sebagai lembaga penasihat ekonomi global. Hal tersebut guna mengukur peran YouTube dalam pertumbuhan ekosistem kreatif Indonesia dari sisi ekonomi, sosial, dan budaya. Kreator Indonesia Berkarya sekaligus mewadahi peluncuran hasil riset Oxford Economics tersebut serta mendorong kolaborasi dan peran aktif dari para pemangku kepentingan di Indonesia.

Wamendag Jerry menambahkan, produk Indonesia yang juga berpotensi diangkat adalah token atau aset kripto. Kementerian Perdagangan mencatat, nilai transaksi set kripto tercatat Rp64,9 triliun pada 2020 dan Rp859,4 triliun pada 2021. Pada 2021, rata-rata nilai transaksi tercatat Rp2,35 triliun per hari dan Rp71,62 triliun per bulan. Potensi tersebut dapat memberi kontribusi pada neraca perdagangan Indonesia mendatang jika token lokal dikelola dan diangkat dengan serius.

“Perlu saya tekankan lagi, kripto di Indonesia diberlakukan sebagai aset atau komoditas, bukan sebagai alat pembayaran. Pengaturan aset kripto ditangani Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti),” imbuh Wamendag Jerry.

Baca Juga  Menteri Perdagangan RI Tanda Tangani Protocol to Amend the ASEAN Agreement on the Movement of Natural Persons

Sementara itu, terkait digitalisasi, menurut Wamendag Jerry, pemerintah telah menargetkan agar digitalisasi tidak hanya digunakan di kelompok elit, tapi hingga pedagang di pasar rakyat. Hal ini sebagai upaya penerapan digitalisasi pasar, salah satunya aspek pembayaran nontunai (cashless payment) yang digencarkan Kementerian Perdagangan di pasar rakyat.

“Kementerian Perdagangan melalui Sistem Informasi Sarana Perdagangan (SISP) telah menyerap lebih dari 2 ribu pasar rakyat di seluruh Indonesia. Adapun melalui Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP), 537 pasar rakyat sudah memanfaatkannya untuk memantau harga barang kebutuhan pokok. Digitalisasi harus dapat dirasakan di seluruh Indonesia, bukan hanya di Jabodetabek,” tegas Wamendag Jerry.

Kreator Indonesia Berkarya adalah sebuah acara thought leadership eksklusif yang diikuti pimpinan lembaga pemerintah, pimpinan tinggi (C-level) dari perusahaan bisnis terkait, pimpinan media massa, serta beberapa kreator YouTube yang inovatif dan terkemuka. Kegiatan tersebut termasuk dalam rangkaian acara tahunan Google for Indonesia yang akan dihelat pada 7 Desember 2022.

(eki)