Peringatan Hari Ibu 2022, Momen Berdayakan dan Muliakan Derajat Perempuan

Hari Ibu 2022
Peringatan Hari Ibu tahun 2022 di lapangan bupati Kabupaten Agam Lubuk Basung, yang dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Kamis (15/12/2022). (f/kominfotik)

PADANG, Mjnews.id – Meriahkan Hari Ibu ke-94 tahun 2022, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) bersama Tim Penggerak PKK Provinsi beserta Gabungan Organisasi Wanita (GOW) gelar Peringatan Hari Ibu di lapangan bupati Kabupaten Agam Lubuk Basung, Kamis (15/12/2022). 

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, buka peringatan Hari Ibu dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Agam, Ketua BKOW Sumbar, Ketua TP PKK Agam, Ketua BKOW Agam, Kepala OPD, Para Camat, beserta stakeholder terkait lainnya.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Audy, Jika berbicara tentang Ibu di Sumatera Barat hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat unik, pasalnya ketika berbicara asal-usul masyarakat di Sumbar, mengandung paham matrilineal yang mana masyarakatnya mengatur alur keturunan berasal dari pihak ibu. 

Baca Juga  Pemkab Pesisir Barat Peringati Hari Ibu ke-94

“Tidak banyak suku bangsa di dunia yang menganut adat matrilineal seperti urang awak, urang Minang di Sumbar,” ungkap Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy.

Audy juga mengungkapkan organisasi keibuan seperti Bundo Kanduang merupakan satu-satunya organisasi perempuan yang ada di Indonesia dan berada di Sumbar. 

“Sepertinya organisasi Bundo Kanduang mungkin saja cuma satu-satunya di Indonesia yaitu ada di Ranah Minang, karena saya jarang mendengar organisasi ibu-ibu (kecuali PKK) seperti Bundo Kanduang ada di Provinsi lain,” ujar Wagub Audy.

Baca Juga  Pemkab Pasbar bersama GOW Peringati Hari Ibu ke-94

“Ini suatu hal yang unik, karena Sumbar khususnya urang awak sangat menghormati kaum wanita,” lanjut Wagub Audy. 

Di kesempatan tersebut, Wagub Audy mengatakan hampir 20 persen kepala OPD di Provinsi Sumbar di dominasi oleh perempuan. Ia berharap presentase pemimpin daerah di Sumbar dapat meningkat. Disamping itu ia mengharapkan juga perempuan dapat banyak berperan dalam sektor entrepreneur.