PKB Raih Penghargaan sebagai Partai Informatif dari Komisi Informasi Pusat

PKB Raih Penghargaan sebagai Partai Informatif
PKB Raih Penghargaan sebagai Partai Informatif dari Komisi Informasi Pusat. (f/pkb)

JAKARTA, Mjnews.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraih penghargaan pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2022 dari Komisi Informasi Pusat sebagai badan publik (BP) kategori partai politik (parpol) informatif. Selain PKB, ada sejumlah parpol lain yang juga menerima penghargaan serupa yakni PDIP, Partai Gerindra, Partai Demokrat dan PKS. 

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid yang menerima penghargaan mewakili Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar mengaku bersyukur atas penghargaan dari KI Pusat tersebut.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

”Tentu kami bersyukur atas capaian ini. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan dari Komisi Informasi Pusat bahwa PKB telah menjalankan tugas sebagai parpol yang terbuka dan informatif kepada publik,” tuturnya saat menerima penghargaan di Hotel Atria Gading Serpong Tangerang, Rabu (14/12/2022).

Gus Jazil–sapaan akrab Jazilul Fawaid–mengatakan, selama ini PKB selalu berupaya untuk membuka diri terhadap berbagai informasi, baik sebagai parpol maupun sebagai wakil rakyat yang menyuarakan kepentingan publik di parlemen.

Baca Juga  Ajak Ziarah ke Makam Taufiq Kiemas, Sinyal Puan Lamar Gus Muhaimin?

Pihaknya juga senantiasa menjalin hubungan yang harmonis dengan berbagai pihak, termasuk dengan kalangan pers sehingga setiap informasi mengenai kepartaian maupun kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan publik di Parlemen bisa disuarakan melalui media massa baik cetak, online maupun elektronik. 

”Di zaman yang serba terbuka seperti sekarang ini, tidak mungkin kita menutup diri. Keterbukaan yang ada di PKB juga menjadi bentuk pertanggungjawaban kami kepada publik,” tuturnya. 

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik merupakan ajang pemberian penganugerahan yang diberikan setiap tahun oleh Komisi Informasi Pusat kepada Badan Publik yang menjalankan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Penilaian dilakukan berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat terhadap Badan Publik di seluruh Indonesia.

Penanggungjawab (PJ) Monev KI Pusat Handoko Agung Saputro menyampaikan, tahun 2022 ini terjadi peningkatan signifikan terhadap pelaksanaan Anugerah Monev karena terdapat 122 BP yang berhasil sebagai badan yang informatif dari tujuh kategori BP. ”Capaian BP Informatif sebanyak 122 itu telah melampaui target rencana pembangunan jangka menengah nasional dari Bappenas, yakni sebanyak 98 BP Informatif,” jelasnya.

Baca Juga  Politisi Golkar Ini Minta Kemendes PDTT Dibubarkan

Menurutnya, pada 2021 lalu, ada sebanyak 84 BP Informatif. Bappenas RI kemudian menargetkan 98 BP Informatif di 2022, namun target itu terlampaui jauh hingga 122 BP Informatif. Ada tujuh kategori BP yang menerima penghargaan yakni Kementerian, LN-LPNK (Lembaga Negara-Lembaga Pemerintah Non-Kementerian), LNS (Lembaga Non Struktural), Pemprov (Pemerintah Provinsi), BUMN (Badan Usaha Milik Negara), PTN (Perguruan Tinggi Negeri), dan Parpol (Partai Politik).

(*/eki)