Bawaslu Pessel Akan Rekrut 182 Panwaslu Nagari Awasi Pemilu 2024

Erman Wadison
Ketua Bawaslu Kabupaten Pessel, Erman Wadison. (f/ist)

Pesisir Selatan, Mjnews.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan segera membuka seleksi pendaftaran untuk pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) dalam Pemilu serentak tahun 2024, dimulai pada 14-19 Januari 2023 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pessel, Erman Wadison mengatakan, sesuai Surat Keputusan Ketua Bawaslu Nomor : 5/KP.01/K1/01/2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024, saat ini Bawaslu dalam proses rekrutmen PKD telah dimulai dengan tahapan pengumuman pendaftaran calon anggota PKD sejak tanggal 9 sampai 13 Januari 2023.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Sesuai Undang-Undang Pemilu (UU 7 Tahun 2017), Kewenangan pembentukan PKD oleh Panwaslu Kecamatan, jumlah PKD sebanyak 1 orang per nagari jadi kita membutuhkan sebanyak 182 orang untuk Pemilu 2024,” ujar Erman Wadison, Selasa (10/01/2023).

Baca Juga  Luar Biasa! Polres Pessel Ungkap 3 Kasus Narkoba dalam Sehari

Erman Wadison menambahkan, untuk informasi penerimaan pendaftaran calon anggota PKD yang akan dimulai tanggal 14 sampai 19 Januari 2023 masyarakat dapat melihat pengumuman di Kantor Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Kantor Panwaslu Kecamatan dan Kantor Wali Nagari.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mempersiapkan diri dan perlengkapan (dokumen persyaratan) untuk menjadi calon anggota PKD,” kata Erman Wadison.

Erman Wadison menjelaskan, untuk proses pendaftaran calon PKD, dokumen syarat pendaftaran diantarkan secara langsung oleh calon PKD ke sekretariat Panwaslu Kecamatan.

“Untuk pendaftaran calon PKD tidak memakai sistem online atau dikirim tapi diantarkan langsung oleh calon PKD karena pada waktu pendaftaran langsung proses penelitian berkas, agar jika ada kekurangan disampaikan langsung kepada yang bersangkutan,” jelas Erman Wadison.

Baca Juga  ZD Farm, Peternakan Ayam Potong Modern dengan Sistem Blower AC di Nagari Parambahan

Selain itu, untuk proses rekrutmen PKD Pemilu 2024, bisa dilakukan dengan melalui proses penjaringan kepada masyarakat untuk disampaikan menjadi PKD namun tetap melalui proses pendaftaran dan melengkapi persyaratan yang telah ditentukan.

“Proses ujian untuk (calon anggota) PKD tidak memakai CAT dan juga tidak secara tertulis tetapi langsung wawancara oleh Panwascam untuk calon anggota PKD yang dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat administrasi sesuai Juknis,” tutup Erman Wadison.

(canang)