Mahasiswa IPB Lakukan Penelitian Keanekaragaman Hayati di Danau Laut Tinggal Pasbar

Hamsuardi bersama Mahasiswa IPB
Bupati Hamsuardi bersama Mahasiswa IPB yang akan melaksanakan penelitian tentang Keanekaragaman flora fauna di Danau Laut Tinggal, di Rumah Bupati setempat, Sabtu (31/12/2022). (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Bupati Hamsuardi didampingi Kepala Dinas Pariwisata Deki Harmiko melepas keberangkatan LAWALATA IPB (Mahasiswa IPB) yang berjumlah 31 orang melaksanakan penelitian tentang Keanekaragaman flora fauna di Danau Laut Tinggal, dari halaman Rumah Bupati setempat, Sabtu (31/12/2022).

Danau Laut Tinggal berlokasi di Jorong Sitabu, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bupati Hamsuardi mengucapkan terima kasih kepada LAWALATA IPB yang telah berkesempatan datang dan ingin meneliti keanekaragaman hayati di Danau Laut Tinggal.

Ia juga mengatakan melalui penelitian tersebut maka akan membantu Pemerintah Daerah Pasaman Barat dalam memberikan masukan khususnya di bidang pariwisata yang kedepannya akan dikembangkan.

“Sebenarnya sudah banyak yang mengunjungi Danau Laut Tinggal ini namun belum satu orangpun yang melaporkan akan hasil yang didapatkan sesuai kunjungan yang dilaksanakan ke Laut Tinggal,” jelas Hamsuardi.

Baca Juga  Masyarakat Kampung Dalam Minta Penertiban Knalpot Racing dan Balap Liar ke Kapolres Sijunjung

Ia juga menegaskan daerah Danau Laut Tinggal tersebut akan diupayakan menjadi Taman Hutan Raya agar makhluk hidup di wilayah tersebut dapat dilestarikan dengan baik.

Ia juga berpesan kepada mahasiswa IPB yang mengikuti penelitian ini agar selalu berhati-hati dan saling menjaga satu sama lain dan berbuat positif selama menjalankan tugas tersebut.

“Semoga tidak hambatan dalam perjalanan menuju lokasi dan pulangnya nanti juga lancar dan aman,” harap Hamsuardi.

Kadis Pariwisata Deki Harmiko juga menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa IPB ini sangat mendukung terciptanya pariwisata, terlebih Danau Laut Tinggal merupakan lokasi yang potensi pariwisatanya tinggi, untuk itu melalui penelitian yang dilaksanakan dapat membantu terciptanya pariwisata.

“Daerah Danau Laut Tinggal dan sekitarnya ini belum terjamah dengan baik sehingga masih alami, flora dan faunanya juga beragam,” ucapnya.

Baca Juga  Gubernur Sumbar Dorong Kepala Sekolah Optimalkan Potensi di Era Merdeka Belajar

Ia juga menjelaskan lokasi tersebut juga memiliki potensial yang besar sebagai pariwisata, dengan keberadaan mahasiswa IPB ini maka akan membantu pemerintah daerah dalam mengupayakan kelestariannya.

Selain itu, laporan dari Ketua Tim LAWALATA IPB Muchtar Abdul Majid menjelaskan tujuannya berkunjung ke Pasaman Barat adalah untuk melaksanakan penelitian keanekaragaman hayati mulai dari flora dan fauna di Danau Laut Tinggal.

“Perjalanan ini dilaksanakan selama dua minggu dengan seluruhan anggota berjumlah 31 orang,” jelas Muchtar Abdul Majid.

Ia juga sangat berterimakasih atas dukungan dari Pemerintah Daerah Pasaman Barat terhadap kegiatan yang dilakukan. “Kami akan terus berkomunikasi dengan Pemda dan akan melaporkan hasil dari apa yang kami dapatkan di lapangan,” ucapnya.

(wal)