Pemkab Solok Vidcon Rakor Pengendalian Inflasi Daerah dengan Mendagri

Pemkab Solok Vidcon Rakor Pengendalian Inflasi Daerah dengan Mendagri
Pemkab Solok Vidcon Rakor Pengendalian Inflasi Daerah dengan Mendagri. (f/kominfo)

Arosuka, Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Solok ikuti Vidcon Rakor Pengendalian Inflasi Daerah dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Daerah, Senin (9/1/2023).

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Medison, S. Sos, M. Si,  Plt. Asisten II  Syaiful, ST, MT  dan Kepala OPD.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berdasarkan arahan Presiden, penanganan inflasi dilakukan seperti mekanisme penanganan Pandemi Covid 19. Oleh karenanya, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menggelar rapat secara rutin agar penanganan inflasi dapat selalu dievaluasi. 

Rakor yang dilaksanakan rutin tiap minggu ini dipimpin langsung oleh Mendagri Tito Karnavian. Dalam arahannya, Mendagri Tito menyampaikan bahwa saat ini inflasi nasional mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir. Data di per Desember 2022 menunjukkan berada di angka 5,51 persen. 

Baca Juga  Paskibraka Sumbar Turunkan Bendera Peringatan HUT RI ke-77

Mendagri Tito juga menyampaikan inflasi ini merupakan permasalahan dunia pada saat ini, bahkan di beberapa negara eropa mengalami kenaikan 3 kali lipat untuk harga barang dan jasa. 

“Semua negara G20 inflasinya di atas angka kita, tentu ini semua berkat koordinasi yang sangat baik dari tim pengendali inflasi tingkat pusat dan daerah,“ Kata Tito.

Lebih lanjut Mendagri Tito melaporkan penyebab inflasi saat ini yaitu gangguan rantai pasok komoditas pangan dan energi akibat dari konflik heopolitik, penyesuaian harga akibat adanya kenaikan harga BBM, serta panen musiman pada komoditas pangan yang menyebabkan penurunan suplai pada periode tertentu.

Baca Juga  Kendalikan Inflasi, Mendagri Desak Pemda Optimalisasi Penggunaan BTT dan Bansos

(sis)