Imigrasi Jakarta Barat Sosialisasikan Layanan Paspor dan Kemudahan Keimigrasian
×

Adsense

Adsense Mobile

Imigrasi Jakarta Barat Sosialisasikan Layanan Paspor dan Kemudahan Keimigrasian

Rabu, 13 Juli 2022 | 18.25 WIB Last Updated 2022-07-13T11:27:33Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Imigrasi Jakarta Barat Sosialisasikan Layanan Paspor dan Kemudahan Keimigrasian
Imigrasi Jakarta Barat Sosialisasikan Layanan Paspor dan Kemudahan Keimigrasian. (f/kemenkumham)

JAKARTA, Mjnews.id - Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas 1 Khusus Non TPI Jakarta Barat mengadakan Sosialisasi Layanan Paspor dan Kemudahan Keimigrasian kepada masyarakat dalam rangka mendukung pariwisata berkelanjutan pada masa Pandemi Covid-19, Selasa (12/7/2022) di Ko+labora Flexispaces, Hayam Wuruk, Jakarta Barat. 

Acara ini dihadiri oleh beberapa instansi pemerintah seperti Suku Dinas Dukcapil Jakarta Barat, Kecamatan di wilayah Jakarta Barat dan juga dihadiri pengelola hotel di wilayah Jakarta Barat beserta konsultan keimigrasian.

“Saat ini, kondisi pandemi di Indonesia semakin membaik, dimana antusiasme masyarakat dalam memperoleh pelayanan keimigrasian semakin meningkat, seperti halnya dalam permohonan paspor dan 
permohonan izin tinggal Warga Negara Asing (WNA) untuk berkunjung ke Indonesia," kata Wahyu Eka Putra, selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Non TPI Jakarta Barat.

Wahyu menuturkan, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, dapat menambah informasi dan pengetahuan masyarakat mengenai kebijakan pelayanan keimigrasian yang terkini.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Paramuji Raharja. Dalam hal ini, dia mengapresiasi atas acara yang digelar oleh pihak Kanim Jakarta Barat, karena menurutnya penyampaian informasi keimigrasian ini sangat penting bagi masyarakat, terutama bagi para 
stakeholders. 

Tidak lupa, Paramuji juga meminta peran aktif seluruh masyarakat dan stakeholders dalam melaporkan keberadaan orang asing.

Acara sosialisasi ini dibagi menjadi 2 sesi yaitu, sesi yang pertama diisi dengan 
sosialisasi mengenai Layanan Paspor dengan narasumber dari Kepala Seksi Pelayanan Dokumen Perjalanan Kanim Jakarta Barat, Wahyu Kusumanegara. Dia menjelaskan secara detail mengenai penggunaan aplikasi M-Paspor sebagai aplikasi antrian online permohonan paspor, jenis-jenis permohonan paspor, hingga pengenalan jenis paspor polikarbonat yang akan segera dirilis. 

Lebih lanjut, pada sesi yang kedua, berisi sosialisasi mengenai Kebijakan Izin Tinggal Keimigrasian Terhadap Orang Asing di Wilayah Indonesia pada masa pandemi Covid-19, dengan narasumber Kepala Seksi Status Keimigrasian Kanim Jakarta Barat, Boby Ibrahim. Sesi kedua ini, lebih berfokus pada kedatangan Orang Asing yang akan masuk dan berkegiatan di wilayah Indonesia. 

Boby menjelaskan, bahwa saat ini Imigrasi menganut prinsip Selective Policy, dimana hanya orang asing yang dapat memberikan manfaat dan tidak membahayakan yang dapat masuk ke Indonesia. Lalu dibahas pula mengenai kemudahan Visa bagi orang asing yang hendak berlibur dan berwisata, sehingga dapat mendukung pariwisata di Indonesia.

(bs)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update