Buka MTQ Korpri Tingkat Nasional VI, Mendagri Sampaikan Empat Hal Ini
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Buka MTQ Korpri Tingkat Nasional VI, Mendagri Sampaikan Empat Hal Ini

Selasa, 08 November 2022 | 06.00 WIB Last Updated 2022-11-08T09:51:57Z

Advertisement

Advertisement

Padang, Mjnews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyampaikan empat hal saat membuka acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VI Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Nasional Tahun 2022 di Sumatra Barat (Sumbar).

Acara tersebut mengusung tema “Korpri Mengaji, Korpri Berbakti, Korpri Berkontribusi untuk Indonesia Mulia”.

“Ada empat hal yang saya kira saya sampaikan berkaitan dengan MTQ ini,” katanya di Istana Gubernur Sumbar, Senin (7/11/2022) malam.

Hal pertama, ujar Mendagri, terkait kewajiban sebagai umat Islam, khususnya dalam menjalankan rukun Islam dan rukun iman. Salah satu rukun iman yang wajib dipercayai yaitu percaya pada kitab-kitab, dan kitab terakhir yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah Muhammad SAW yaitu Al-Quran.

“Kepercayaan kita dan keyakinan kita sesuai dengan rukun iman untuk mempercayai akan Al Quranul Karim tidak cukup hanya dengan meyakini, tapi kita juga harus mempelajari, membacanya secara rajin dan rutin. Kemudian memahami maknanya, melaksanakan apa yang terkandung di dalamnya,” ujarnya.

Kedua, kegiatan MTQ sangat berkaitan dengan peran Korpri yang menjadi tulang punggung pemerintahan. Mendagri mengatakan, ada sekitar empat juta anggota Korpri baik di tingkat pemerintah pusat maupun daerah. Harapannya, Korpri bisa berperan aktif mewujudkan cita-cita pemerintahan yang bersih (clean government) dan jelas (clear government).

“Pemerintahan yang bersih dan jelas itu hanya bisa terjadi kalau sistemnya baik, sarana prasarananya baik. Namun yang lebih dari itu yang paling penting adalah diawaki oleh sumber daya manusia yang baik. Senjata sehebat apapun sangat tergantung dengan orang yang mengawakinya, the man behind the gun,” ujarnya.

Sedangkan hal ketiga, imbuh Mendagri, MTQ menjadi momentum bagi Korpri untuk selalu bersyukur serta tidak berlebihan. Sesama anggota Korpri, apa pun pangkatnya, saling mengingatkan satu sama lain.

“MTQ ini menjadi penting bagi kita, untuk menjadi pengingat bagi kita semua. Korpri apa pun pangkatnya, berapa pun gaji berapa tunjangan kinerjanya, mari kita syukuri,” tuturnya.

Keempat, Mendagri berpesan agar Korpri senantiasa berdoa, memohon perlindungan, bimbingan, dan pertolongan pada Allah SWT agar sukses di dunia dan akhirat. Mengutip dua ayat terakhir Surah Yasin, Mendagri mengungkapkan, jika Allah menghendaki cukup berkata “Kun”, maka akan terjadi.

“Kita memohon pada Allah untuk keselamatan dan kepada (Allah SWT) semuanya kita akan kembali,” ungkapnya.

(Puspen Kemendagri)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update