Koperasi Karyawan Tirta Kuranji Bukukan SHU Rp 1,2 Miliar

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 22 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
35.202 433 32.188 762
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Koperasi Karyawan Tirta Kuranji Bukukan SHU Rp 1,2 Miliar

Rabu, 17 Februari 2021 | 07:40 WIB Last Updated 2021-02-17T20:17:52Z
Aliman Sadiq.

MJNews.id - Koperasi Karyawan Tirta Kuranji yang merupakan koperasi karyawan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang membukukan sisa hasil usaha (SHU) hingga Rp1,2 miliar. Menariknya, keberhasilan itu diperoleh saat pandemi Covid-19.


“Pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) terakhir kita berhasil membukukan SHU Rp1,2 miliar. Angka ini kita peroleh dari tiga unit usaha,” sebut Manejer Koperasi Karyawan Tirta Kuranji, Aliman Sadiq, Selasa (16/2021).


Dikatakannya, saat ini Koperasi Karyawan Tirta Kuranji menjalankan tiga unit usaha. Yakni, unit usaha simpan pinjam, unit usaha toko dan unit usaha serba usaha/jasa.


Dari tiga unit usaha tersebut, Koperasi Karyawan Tirta Kuranji dapat bertahan dan terus menunjukkan neraca keuangan yang baik. Hal yang paling menguntungkan bagi koperasi ini, karena anggotanya semuanya berasal dari karyawan Perumda Air Minum Kota Padang.


“Berjalannya usaha pada koperasi tidak terlepas dari anggota kita semuanya karyawan Perumda Air Minum Kota Padang,” sebutnya.


Disebutkannya, saat ini untuk unit usaha serba usaha, Koperasi Tirta Kuranji mengelola pembayaran rekening air dan pembayaran rekening listrik. Selain itu, koperasi tersebut juga bekerjasama dengan lembaga pembiayaan.


“Selain untuk pembayaran rekening listrik dan air, kita juga bekerjasama dengan lembaga pembiayaan. Kerjasama ini untuk membantu pembiayaan pembelian kendaraan bermotor bagi anggota,” sebutnya.


Sementara toko dan simpan pinjam juga tetap berjalan. Toko menyediakan sejumlah perlengkapan kebutuhan anggota yang bertempat di belakang kantor pusat Perumda Air Minum Kota Padang.


“Sama seperti koperasi lainnya, kita juga menyediakan sejumlah kebutuhan anggota. Ini akan dipenuhi oleh unit usaha toko, sedangkan simpan pinjam khusus untuk anggota,” sebutnya.


Sementara pendapatan terbesar Koperasi Karyawan Tirta Kuranji dari unit usaha serba usaha/jasa dari. Koperasi Karyawan Tirta Kuranji memiliki usaha jasa untuk penyedia jasa penghitungan meteran air pelanggan Perumda Air Minum Kota Padang. Kemudian penyediaan tenaga keamanan. “Dalam usaha kita melibatkan sebanyak 250 tenaga kerja,” ujarnya.


Untuk itu, ke depan, Koperasi Tirta Kuranji akan membidik usaha di luar kegiatan Perumda Air Minum Kota Padang. Dengan itu diharapkan dapat menambah pendapatan koperasi.


“Kita memang sedang menjajaki sejumlah usaha baru, terutama pengembangan usaha pada penyediaan tenaga keamanan,” ulasnya.


Saat ini anggota Koperasi Karyawan Tirta Kuranji mencapai 513 orang. Semuanya terdiri dari karyawan Perumda Air Minum Kota Padang.


(yse/eds)


loading...



×
Berita Terbaru Update