Pj. Sekdakab Solok Buka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan DTKS
×

Adsense

Adsense Mobile

Pj. Sekdakab Solok Buka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan DTKS

Kamis, 04 November 2021 | 02:00 WIB Last Updated 2021-11-03T19:00:00Z

loading...
Sekdakab Solok Buka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan DTKS
Sekdakab Solok Buka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan DTKS.

Arosuka, Mjnews.id - Bupati Solok diwakili Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Solok (Sekdakab), Medison, S.Sos, M.Si membuka secara resmi Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di kabupaten setempat tahun 2021, di Gedung Solok Nan Indah, Rabu (3/11/2021). 


Kegiatan ini difasilitasi Dinas Sosial Kabupaten Solok serta diikuti Camat dan Walinagari SE Kabupaten Solok, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pendamping PKH dan Operator DTKS masing masing nagari. Narasumber dari utusan Kementerian Sosial RI dan Bappenas RI.


Pj. Sekda Medison, sangat mengapresiasi sosialisasi dan bimtek ini karena selain sebagai forum untuk saling bertukar informasi tetapi juga sebagai media koordinasi terkait teknis pendataan dan pengelolaan data kemiskinan sebagai acuan bagi perencanaan pembangunan. 


Dikatakannya, data DTKS memiliki arti yang sangat penting, karena dapat menentukan arah kebijakan pembangunan agar permasalahan kemiskinan dapat diatasi secara efektif. 


Medison memaparkan bahwa data penduduk miskin saat ini masih terdapat perbedaan persepsi basis data, khususnya terkait pendataan kriteria warga miskin serta teknik pendataan. Oleh karena itu ia berharap dengan adanya sosialisasi dan bimtek ini diharapkan kita bisa mendapatkan serta menyediakan data yang akurat dan mutakhir. 


"Ke depan kita berharap para petugas data kita dapat memasukkan profil dan data yang lebih akurat, karena data yang akurat lebih menjamin pemerataan dan keadilan pembangunan serta menjamin terpenuhinya hak warga miskin secara proporsional," tutur Medison. 


Ia juga berharap setelah bimtek ini para petugas data kita lebih terbiasa dan terampil mengoperasikan aplikasi SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation) yang telah dibuat oleh Pusdatin Kementerian Sosial RI.


(zal)


Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update