Peringati HDI 2021, Wako Padang: Mari Berikan Perhatian pada Penyandang Disabilitas!
×

Adsense

Adsense Mobile

Peringati HDI 2021, Wako Padang: Mari Berikan Perhatian pada Penyandang Disabilitas!

Kamis, 02 Desember 2021 | 20:00 WIB Last Updated 2021-12-02T13:00:00Z


loading...

Peringatan HDI 2021 di Kota Padang
Peringatan HDI 2021 di Kota Padang. (humas)

PADANG, Mjnews.id - Wali Kota Padang, Hendri Septa memberikan apresiasi sembari menyambut baik dan mengucapkan selamat atas diperingatinya Hari Disabilitas Internasional (HDI) di tahun 2021.

Dimana puncak peringatan HDI tingkat Kota Padang tahun ini digelar Pemerintah Kota (Pemko) Padang di Palanta Kediaman Resmi Wali Kota Padang, Kamis (2/11/2021).

Adapun tema peringatan HDI tahun ini secara nasional yakni "Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid-19".

"Kegiatan peringatan HDI tingkat Kota Padang yang kita gelar ini merupakan komitmen terhadap perlindungan dan pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas di Kota Padang. Semoga melalui momentum ini dapat menggugah kesadaran dunia dan kita semua akan pentingnya pemenuhan dan perlindungan bagi saudara dan anak-anak kita tersebut di berbagai sektor kehidupan," ungkap Wali Kota dalam sambutan dan arahannya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu juga mengajak semua pihak memaknai HDI yang diperingati setiap 3 Desember tersebut. Ia berharap dapat dimaknai sebagai kekuatan untuk terus menghormati dan melibatkan penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan. Begitu juga senantiasa menempatkan mereka sebagai bagian dari potensi bangsa yang produktif.

"Disabilitas bukanlah objek pembangunan, tetapi merupakan subjek dari pembangunan itu sendiri. Mereka adalah bagian dari keragaman masyarakat dengan kemampuan yang berbeda. Dan apabila diberi kesempatan mereka bisa mengukir prestasi yang luar biasa baik di bidang seni budaya, olahraga, pendidikan dan lain sebagainya," cetus dia.

Terakhir pemimpin Kota Padang itu juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada semua pihak di Kota Padang yang telah memberikan keikhlasan dan ketulusannya dalam membina dan mendidik anak-anak penyandang disabilitas selama ini. 

"Semoga jasa bapak ibu semua mendapatkan keberkahan dan dibalasi pahala berlipat ganda dari Allah SWT. Teristimewa kepada saudara-saudara dan anak-anak penyandang disabilitas yang kami cintai, teruslah semangat berkarya dan mengukir prestasi setinggi-tingginya," tukas Wako Hendri menyemangati.

Dalam peringatan HDI tingkat Kota Padang tahun 2021 tersebut juga diselingi dengan pemutaran video tentang napak tilas perlindungan dan pemenuhan hak disabilitas Kota Padang serta momen pelaksanaan olahraga disabilitas pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua.

Selain itu juga dilangsungkan penyerahan bantuan pendukung kemandirian bagi disabilitas berupa kursi roda, lalu launching Buku Kesehatan Ibu dan Anak Braille.

Selanjutnya acara hiburan dari Arif Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2018 dengan beberapa lagu bersama Wali Kota Hendri Septa yang bertindak langsung sebagai drummer. Penampilan bakat dari anak-anak penyandang disabilitas turut memeriahkan peringatan HDI tingkat Kota Padang tahun 2021 tersebut.

(eds)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update