Sejumlah Tokoh Perempuan Dunia Jadi Pembicara di Forum R20
×

Adsense

Adsense Mobile

Sejumlah Tokoh Perempuan Dunia Jadi Pembicara di Forum R20

Kamis, 03 November 2022 | 13.00 WIB Last Updated 2022-11-03T06:39:50Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Sejumlah Tokoh Perempuan Dunia Jadi Pembicara di Forum R20
Sejumlah Tokoh Perempuan Dunia Jadi Pembicara di Forum R20. (f/ist)

Nusa Dua, Mjnews.id - G20 Religion Forum (R20) yang digelar sejak Rabu hingga Kamis 02-03 November 2022 di Nusa Dua, Badung, Bali menghadirkan puluhan pembicara lintas agama dari mancanegara. Tak hanya panelis laki-laki, tampak hadir dalam forum dialog pemuka agama dunia itu sejumlah pembicara perempuan.

Sederet nama perempuan inspiratif muncul pada gelaran itu. Dalam rangkaian acara R20 hari pertama yang terbagi dalam 3 sesi plenary, delegasi Komunitas Dewan Internasional Sant’Edgiodio, Valeria Martano dari Italia mengisi diskusi panel. 

Pembicara perempuan lainnya datang dari Harvard Law School Amerika Serikat yang juga Mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Holy See, Mary Ann Glendon. Dalam paparannya, Mary menyampaikan pidato kunci dengan tajuk “The Quest for Shared Civilization”.  

Kemudian, nama lain muncul dari Amerika Serikat, Jacqueline C Rivers. Direktur Eksekutif  Institute Seymour untuk Gereja Kulit Hitam ini memaparkan materi bertajuk “From Truth to Reconciliation, Forgiveness, and Peaceful Co-Existence”.

Selanjutnya, dalam rangkaian acara R20 hari kedua yang terbagi dalam 3 sesi plenary, Profesor Seminario Rabínico Latinoamericano Argentina, Rabbi Silvina Chemen menyampaikan pidatonya. Dalam paparannya, ia mengangkat isu “The Status of Non-Jews in Jewish Law and Lore Today”.  Pembicara perempuan selanjutnya datang dari Aid to the Church in Need International, Marcela Szymanski dari Mexico. Ia mengutarakan gagasannya melalui pidato berjudul “Bringing Moral and Spiritual Values to Bear in Institutional and Governmental Decision-making”.  

Untuk diketahui, Forum R20 merupakan inisiasi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bekerja sama dengan organisasi Islam Internasional yang berbasis di Arab Saudi, Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL). Total negara yang terkonfirmasi hadir pada perhelatan R20 sebanyak 32 negara. Sebanyak 338 partisipan terkonfirmasi hadir, 124 berasal dari luar negeri. Forum tersebut menghadirkan 45 pembicara dari lima benua.  

Sebelumnya, Ketua Umum KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengatakan, usai penyelenggaraan R20 di Bali, pihaknya akan membawa serta partisipan bertolak ke Yogyakarta dan Magelang, Jawa Tengah. Gus Yahya menjelaskan, seluruh rangkaian kunjungan ke Yogyakarta dan Magelang itu ditujukan untuk menunjukkan harmoni Indonesia. Adapun destinasi yang akan dikunjungi antara lain, Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan, Pondok Pesantren Pandanaran, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan Candi Borobudur. 

Forum Agama G20 atau R20 digelar PBNU bersama Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL) di Nusa Dua, Bali, pada 2-3 November 2022. Ada 338 partisipan yang terkonfirmasi hadir pada perhelatan R20, yang berasal dari 32 negara. Sebanyak 124 berasal dari luar negeri. Forum tersebut menghadirkan 45 pembicara dari lima benua.

(*/eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update